John Beaufort

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Adipati Somerset
Arms of John Beaufort, 1st Earl of Somerset.svg
Lambang Beaufort, Earl dan Adipati Somerset
Earl Somerset
PendahuluHenry Beaufort, Earl Kedua
PenerusEdmund Beaufort, Earl Keempat, Adipati Kedua
WangsaWangsa Beaufort
AyahJohn Beaufort, Earl Pertama
IbuMargaret Holland
PasanganMargaret Beauchamp dari Bletso
AnakMargaret Beaufort

John Beaufort, Adipati Pertama Somerset, KG (1403 – 27 Mei 1444) merupakan seorang bangsawan Inggris dan seorang komandan militer.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Dibaptis pada tanggal 25 Maret 1404, ia merupakan putra kedua John Beaufort, Earl Somerset dan Margaret Holland, dan menggantikan kakandanya Henry Beaufort untuk menjadi Earl Ketiga Somerset pada tahun 1418. Ia juga merupakan Earl Pertama Kendal.

Kampanye Prancis[sunting | sunting sumber]

Earl muda bertempur di dalam kampanye sepupunya Henry V di Prancis pada tahun 1419. Pada tahun 1421 ia menemani adik laki-laki Raja Thomas dari Lancaster untuk pertempuran di Anjou. Thomas terbunuh di medan Pertempuran Baugé sementara Somerset dan adiknya ditangkap. Pada tanggal 25 Maret 1425, Somerset mencapai usia dewasa, namun wilayah ayahandanya harus dikelola oleh ibundanya selama tiga belas tahun berikutnya sampai ia dibebaskan dari tahanan.

Ia tetap dipenjara sampai tahun 1438, dan setelah ditebus, menjadi salah satu komandan Inggris terkemuka di Prancis.[1]

Adipati Somerset: seorang prajurit[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1443 ia dinobatkan sebagai Adipati Somerset dan Earl Kendal, dijadikan Order of the Garter, dan ditunjuk sebagai Kapten-Jenderal Guiana. Ia menikahi Margaret Beauchamp dari Bletso pada tahun 1439. Ia memimpin sebuah periode di mana Inggris kehilangan banyak wilayah di Prancis, dan ia terbukti sebagai seorang komandan yang buruk. Adipati Humphrey dari Lancaster, pemangku takhta bocah Henry VI dari Inggris, tidak dapat mengendalikan administrasi istana dan keuangan, yang menyebabkan pelanggaran hukum yang meluas. Pada awal protektorat kedua Richard, Adipati York, Gloucester menolak jabatan Letnan-Gubernur, yang kemudian ditawarkan ke Somerset. Dari jabatan ini, ia mendapat gaji sebesar 600 pound dan menjadi Letnan-Jenderal untuk berperang bahkan setelah penunjukan York pada tanggal 2 Juli 1440.

Somerset diangkat sebagai Admiral Laut ke komando tentara Lord Talbot.[2] Talbot mengepung Harfleur dari Agustus 1440, yang selama lima bulan berada di tangan Prancis. Raja Charles VII dari Prancis mengirim tentara besar di bawah Richemont. Inggris menggali sebuah parit dengan hanya 1000 orang, sementara skuadron Somerset mencegah pendaratan Prancis lewat laut, menggunakan pemanah untuk menyambut musuh dari jarak dekat. Frustrasi, tentara Prancis mengundurkan diri ke Paris, mengangkat pengepungan. Kota itu menyerah kepada Inggris dan dikuasai kembali. York marah bahwa pamanda John, Kardinal Henry Beaufort, harus menyarankan raja untuk menuntut perdamaian. Somerset menasihati Raja Henry bahwa perdamaian itu bersifat kemanusiaan dan bahwa raja Prancis bertekad untuk merebut Pontoise.[3] Ketika York tiba di Normandia pada tahun 1441 untuk berkampanye, Somerset telah mengundurkan diri. Namun jatuhnya Pontoise ke tangan Adipati Orléans pada bulan September 1441 melemahkan kelompok-kelompok garnisun Inggris, dan di Gascogne, situasinya bahkan lebih buruk lagi.[4] Beaufort mengirim Sir Edward Hull, yang tiba di Bordeaux pada tanggal 22 Oktober 1442 untuk memberi tahu York bahwa sebuah tentara besar akan tiba yang dikomando oleh Somerset. York diperintahkan untuk memperkuat Rouen; karena raja dan Dauphin Prancis mengancam Bordeaux dan Aquitaine dan merebut kota Dax. Somerset gentar; York ditahan saat Guiana direbut.

Sementara itu, Adipati York, yang bertempur di samping seorang penyusun taktik Lord Talbot, telah ditunjuk sebagai Letnan untuk seluruh Prancis. Dengan istri Adipati Gloucester Eleanor yang dituduh berkhianat, Somerset mengambil kesempatan tersebut pada bulan April 1443 untuk mengumumkan dirinya sebagai Letnan Aquitaine dan Jenderal-Kapten Guiana. Pada saat itu, negosiasi yang dimulai Somerset saat Kapten-Jenderal Calais gagal. Kedua faktor ini mengubah York melawan Beaufort. Namun jerami terakhir adalah pembayaran £25,000 ke Somerset sementara York tetap berhutang banyak. Selanjutnya, Guiana mengkonsumsi sumber daya berharga yang diperuntukkan bagi Normandia.[5].

Pada bulan Agustus 1443, Somerset memimpin 7,000 orang ke Cherbourg, dan berjalan ke selatan Gascogne; Adipati tersebut jatuh sakit. Ia mengarah ke Guerche, kota Breton dimana Inggris telah menandatangani sebuah Perjanjian Perdamaian. Namun Somerset membebaskan semua tahanan, menerima uang dari Adipati Bretagne. Berbaris tanpa tujuan melalui Maine, ia kembali musim dingin itu ke Inggris.[6] Kematiannya pada tahun 1444 mungkin karena bunuh diri.[7]Kematiannya, dan juga pamandanya kardinal, menandai berakhirnya pengaruh Beaufort, dan membiarkan pintu terbuka bagi William de la Pole, Adipati Pertama Suffolk untuk mendominasi pemerintahan.[8] Namun efek abadi dari kejadian ini adalah kebencian besar di antara Wangsa York dan sisa anggota keluarga Beaufort.

Keturunan[sunting | sunting sumber]

Keturunan tak sah dari John Beaufort:

  1. Jacinda (juga dipanggil Thomasine; tahun 1434 – setelah tahun 1469) menikahi Reginald Grey, Baron Ketujuh Grey de Wilton
  2. Thomasine Beaufort (sebelum tahun 1444 – tahun 1494)
  3. John dari Somerset (tahun 1444 – 1453)

Anak John Beaufort dan Margaret Beauchamp dari Bletso:

  1. Margaret Beaufort (31 Mei 1443 – 29 Juni 1509), ibunda Henry VII

Silsilah[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Harriss, G.L. Cardinal Beaufort: A Study of Lancastrian Ascendancy and Decline. Oxford: Clarendon, 1988.
  2. ^ Burne 2005, hlm. 422.
  3. ^ Burne 2005, hlm. 426.
  4. ^ Oxford History of England, 1399–1485, p. 470
  5. ^ Oxford History of England, 1399-1485, 468
  6. ^ Burne, A, 'The Hundred Years War', Folio, (London 2005), 435-6
  7. ^ Harriss, G. L. (2004). "Beaufort, John, duke of Somerset (1404–1444)". Oxford Dictionary of National Biography. Oxford: Oxford University Press. doi:10.1093/ref:odnb/1862. 
  8. ^ Burne, op cit., 438
Bangsawan Inggris
Jabatan baru Adipati Somerset
1443–1444
Punah
Didahului oleh:
Henry Beaufort, Earl Kedua
Earl Somerset
1418–1443
Diteruskan oleh:
Edmund Beaufort,
Earl Keempat, Adipati Kedua

Pranala luar[sunting | sunting sumber]