Johannes Bosboom

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Johannes Bosboom,
by Charles Dankmeijer
View of the Paris Quay and the Cathedral at Rouen

Johannes Bosboom (18 Februari 1817 – 14 September 1891) merupakan pelukis Belanda yang memakai wadah cat air, ia dikenal terutama karena lukisan interior gerejanya.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Pada usia 14 tahun ia menjadi murid Bartholomeus van Hove dan melukis di studionya bersama putra Van Hove Hubertus van Hove. Bersama-sama mereka mengerjakan potongan pemandangan yang dibuat Van Hove untuk Royal Theatre di Den Haag. Selain itu, Bosboom mengambil pelajaran dari tahun 1831 hingga 1835 dan lagi dari tahun 1839 hingga 1840 di Akademi Seni Den Haag. Di sini dia juga berkenalan dengan Anthonie Waldorp dan Wijnand Nuyen.

Bosboom muda melakukan perjalanan ke Jerman pada tahun 1835 ke Düsseldorf, Cologne dan Koblenz dan melukis cat air View of the Mosel Bridge at Koblenz. Lukisan ini dibeli oleh Andreas Schelfhout, yang menjadi orang kepercayaan dan sahabatnya. Pada tahun 1839 ia melakukan perjalanan ke Paris dan Rouen dan menerima medali perak untuk View of the Paris Quay dan Katedral di Rouen. Dia juga melukis sejumlah interior gereja, genre yang relatif tradisional di mana seniman abad ketujuh belas Pieter Saenredam dan Emanuel de Witte menjadi contoh penting. Bosboom memiliki banyak kesuksesan dengan karya-karya ini, dan selama sisa karirnya dia akan berulang kali kembali ke tema ini, yang mana dia akan mencapai ketenaran terbesarnya.

Pilihan materi pelajaran Bosboom mungkin tampak mengisolasinya dari Sekolah Den Haag lainnya, tetapi pencariannya akan cara untuk mereproduksi suasana ruang melalui cahaya, bayangan, dan nuansa warna menempatkannya di arus utama kelompok ini. Pada tahun 1873, selama tinggal di Scheveningen, ia melukis banyak cat air pemandangan kota, bukit pasir, pantai dan laut. Ada kemungkinan bahwa cat air ini mendorong Hendrik Willem Mesdag dan Jacob Maris untuk lebih berkonsentrasi pada laut dan pantai sebagai subjek.[1]

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Handelsblad (Het) 11-03-1886

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Sillevis, John and Tabak, Anne, The Hague School Book, Waanders Uitgegevers, Zwolle, 2004 (pp 195–203)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]