Joe Rosenthal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Joe Rosenthal
Lahir Joseph John Rosenthal
9 Oktober 1911
Washington, D.C.
Meninggal 20 Agustus 2006 (umur 94)
Novato, California
Pekerjaan Reporter, photographer
Dikenal karena Raising the Flag on Iwo Jima photograph
Agama Jewish, Roman Catholic
(Joe Rosenthal / ©Associated Press)
Menegakkan bendera di Iwo Jima

Joe Rosenthal (lahir di Washington, D.C., 9 Oktober 1911 – meninggal di Novato, 20 Agustus 2006 pada umur 94 tahun) adalah seorang juru foto Yahudi Amerika, yang mendapatkan Penghargaan Pulitzer untuk fotonya yang menjadi lambang Perang Dunia II, yang mengabadikan pasukan-pasukan Amerika menegakkan bendera di Gunung Suribachi dalam Pertempuran Iwo Jima.

Rosenthal dilahirkan di Washington, D.C.. Minatnya terhadap fotografi dimulai sebagai hobi. Ia pindah ke San Francisco, California pada masa Depresi Besar dan tinggal bersama kakaknya sementara ia mencari pekerjaan. Ia menjadi wartawan dan juru foto untuk San Francisco News pada 1932.

Rosenthal ditolak oleh Angkatan Darat sebagai juru foto karena pandangan matanya yang kurang awas. Sebab itu ia bergabung dengan Associated Press dan ikut serta dengan Marinir di Medan Operasi Pasifik pada masa perang tersebut. Fotonya yang menggambarkan lima orang marinir dan seorang Angkatan Laut sedang menegakkan bendera di Gunung Suribachi ("Menegakkan Bendera di Iwo Jima") menjadi salah satu foto yang paling terkenal tentang perang ini. Hak cipta foto ini dimiliki oleh Associated Press.

Tahun 1945 ia meninggalkan AP dan bekerja sebagai juru foto untuk San Francisco Chronicle. Ia bekerja di sana selam 35 tahun, lalu pensiun.

Rosenthal banyak diwawancarai setelah tragedi 11 September 2001 ketika Thomas E. Franklin merekam sebuah foto yang serupa yang menggambarkan Semangat Titik Nol. Foto ini melukiskan tiga pasukan pemadam kebakaran sedang berusaha menegakkan bendera di World Trade Center. Rosenthal dan Franklin bertemu beberapa kali setelah kejadian itu.

Rosenthal meninggal dunia pada 20 Agustus 2006, karena sakit tua di sebuah pusat perawatan di kota Novato, tidak begitu jauh dari San Francisco. Ia berusia 94 tahun.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  • Mark Edward Harris. "Joe Rosenthal: The Road to Glory". In: Camera & Darkroom (ed.), Volume 16 Number 6 (Juni 1994). Beverly Hills, CA. hlm. 40-49.
  • Hal Buell. Uncommon Valor, Common Virtue: Iwo Jima and the Photograph that Captured America (Mei 2006). New York, NY.