Jinak-Jinak Merpati

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Jinak-Jinak Merpati
SutradaraSophan Sophian
ProduserWashi Dipa
PenulisTeguh Karya
Singgih Budiono
PemeranSophan Sophiaan
Widyawati
Fadly
Alam Surawidjaja
Metry Wilda
Hanny Ray
Kusno Sudjarwadi
Ade Irawan
Aminah Cendrakasih
Iwan Baskoro
Rommy
Fuad Rachman
DistributorDipa Jaya Film
Durasi
... menit
NegaraIndonesia

Jinak-Jinak Merpati adalah film Indonesia yang dirilis pada tahun 1975 dengan disutradarai oleh Sophan Sophian. Film ini dibintangi antara lain oleh Sophan Sophiaan dan Widyawati.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Dua kakak beradik, Dimas (Sophan Sophian), pelukis dan Anton (Fadly), kutu buku dan calon sarjana, jatuh cinta pada gadis yang sama, Amalia (Widyawati). Anton yang lebih dahulu pacaran dengan Amalia karena mereka teman kuliah . Sejak jumpa dengan Dimas ternyata Amalia lebih memilih Dimas karena merasa lebih cocok, Anton tentu marah hingga Dimas dan Amalia di sidang dalam keluarga.

Percekcokkan kakak adik berlangsung sampai pembantu rumah Pak Leman (Alam Surawidjaja), Dimas tahu dia bukanlah anak kandung karenanya dia pergi jadi anak kapal. Lama tak pulang. Anton membantu menikahi Amalia yang sudah hamil. Dua tahun kemudian, Amalia akan menjumpai Dimas di pelabuhan. Dalam pertemuan Anton dan Dimas yang sudah mulai pacaran dengan teman lamanya yang jadi penyanyi, maka Dimas berlarian menemui Amalia dan anaknya. Pertemuan nyaris berlangsung tetapi Dimas tertimpa benda berat yang sedang diangkat kapal dan putus tali, ia meninggal.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]