Jewel Carmen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Jewel Carmen
Carmen, ca. 1916
LahirFlorence Lavina Quick
(1897-07-13)13 Juli 1897
Portland, Oregon, A.S.
Meninggal4 Maret 1984(1984-03-04) (umur 86)
El Cajon, California, A.S.
Nama lain
  • Evelyn Quick
  • Florence La Vinci[1]
  • Jewell Carman
PendidikanSt. Mary's Academy
PekerjaanAktris
Tahun aktif1912–1926
Suami/istri
(m. 1918; c. 1938)

Jewel Carmen (nee Florence Lavina Quick; 13 Juli 1897 – 4 Maret 1984) adalah seorang aktris Amerika film bisu yang muncul di lebih dari tiga puluh film, kebanyakan di akhir tahun 1910-an. Selain dikenal karena karier filmnya, ia juga terkenal karena terlibat dalam beberapa skandal sepanjang kariernya.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Dibesarkan di Portland, Oregon, Carmen mulai berakting di Hollywood pada usia 15, akhirnya tampil dengan Keystone Studios. Dia pertama kali menarik perhatian publik atas keterlibatannya dalam kasus pemerkosaan menurut undang-undang yang melibatkan dirinya dan dealer mobil berusia 35 tahun di Los Angeles, tetapi dakwaan terhadapnya akhirnya dibatalkan karena dia tidak dapat membuktikan usianya secara konkret.

Carmen melanjutkan karirnya, tampil di beberapa film sepanjang tahun 1910-an, termasuk peran kecil dalam film besutan D. W. Griffith Intolerance" (1916), diikuti oleh lead dalam American Aristocracy (1916) bwersanding dengan Douglas Fairbanks, juga. bersama Frank Lloyd berjudul A Tale of Two Cities (1917). Ia juga membintangi sebagai Cosette dalam adaptasi Lloyd dari Les Misérables (juga 1917). Pada tahun 1918, ia menikah dengan sutradara film Roland West. Carmen membuat penampilan film terakhirnya di film horor West The Bat (1926).

Pada bulan Desember 1935, Carmen mendapatkan liputan media yang signifikan setelah kematian aktris Thelma Todd, yang meninggal karena keracunan karbon monoksida di garasi Pacific Palisades milik Carmen and West rumah. Carmen terlibat dalam penyelidikan setelah dia mengaku telah melihat Todd di Hollywood Boulevard beberapa jam setelah polisi memutuskan Todd telah meninggal. Dewan juri akhirnya memutuskan kematian Todd tidak disengaja, dengan konsensus bahwa dia secara tidak sengaja telah menyebabkan kematiannya sendiri dengan menjalankan mobilnya di dalam garasi untuk menghangatkan diri setelah West menguncinya di luar rumah; Todd dan West telah terlibat dalam hubungan asmara pada saat itu. Setelah kematian Todd, Carmen dan West bercerai, dan dia menjalani sisa hidupnya di luar mata publik sebelum meninggal di sebuah panti jompo El Cajon pada tahun 1984, berusia 86 tahun.

Réferensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Jewel Carmen, American actress". Getty Images. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 26, 2019. Diakses tanggal August 26, 2019. Also credited as Evelyn Quick and Florence La Vinci, her colourful life also included her alleged involvement in a blackmail and white slavery ring, contract disputes and litigation with several film companies and the scandal surrounding the mysterious death of actress Thelma Todd... 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]