Jesus Film Project

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jesus Film Project
The Jesus Film Project Logo
Tanggal pendirian1981; 43 tahun lalu (1981)
PendiriBill Bright
TujuanPenerjemahan
Produkfilm "Jesus"
Situs webwww.jesusfilm.org

The JESUS Film Project ("Proyek Film Yesus") adalah sebuah organisasi injili yang dibentuk pada tahun 1981 oleh pendiri Campus Crusade for Christ, Bill Bright untuk mendistribusikan film tahun 1979, Jesus, tidak hanya dalam bahasa Inggris, tapi juga dalam banyak bahasa di dunia dengan tujuan untuk mencapai "setiap bangsa, suku, kaum dan bahasa, membantu mereka melihat dan mendengar cerita tentang Yesus dalam bahasa yang dapat mereka mengerti." Proyek Film Yesus ini juga merupakan anggota dari Forum of Bible Agencies International.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Bright ingin membawa ke layar lebar penggambaran alkitabiah akurat mengenai kehidupan, pelayanan, dan kematian Yesus, dan pada tahun 1978, syuting dimulai di Timur Tengah dan Britania Raya dengan aktor Shakespeare Inggris Brian Deacon memerankan Yesus.

Ketika masa tayangan mula-mula film Yesus di gedung-gedung bioskop Amerika Serikat berakhir pada tahun 1979, Bright meminta Paulus Eshleman, yang terlibat dalam produksi, untuk mengepalai organisasi ini. Eshleman tetap dalam jabatan ini sampai tahun 2004, ketika Jim Green dipilih sebagai direktur eksekutif organisasi ini.[1]

Magdalena: Released from Shame[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2007, proyek ini merilis film Magdalena: Released from Shame (Magdalena:Dibebaskan dari rasa malu), yang memanfaatkan rekaman dari proyek film 1979 Yesus.[2] Film ini menceritakan kisah Yesus sebagaimana yang terlihat melalui mata empat wanita yang berbeda, Perawan Maria, Maria Magdalena, Perempuan Samaria di sumur Yakub, dan Elisabet.[3] Penerimaan Kritis untuk film ini positif dan film ini banyak dimanfaatkan dalam pekerjaan misionaris.[4][5][6]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

  • Jesus (1979 film) dengan Brian Deacon sebagai Yesus - this project
  • Jesus of Nazareth (miniseries) dengan Robert Powell sebagai Yesus
  • The Gospel of John (film) dengan Henry Ian Cusick sebagai Yesus
  • The Visual Bible: Matthew dengan Bruce Marchiano sebagai Yesus
  • The Lumo Project dengan Selva Rasalingam sebagai Yesus

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The JESUS Film Project Newsroom - Press Kit". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-02-06. Diakses tanggal 2018-05-12. 
  2. ^ Arends, Carolyn. "JESUS for Women". Christianity Today. Diakses tanggal 14 May 2014. 
  3. ^ Riley, Jennifer. "Jesus Film Project Releases Mary Magdalena Version in U.S." Christian Post. Diakses tanggal 14 May 2014. 
  4. ^ "Jesus Film Setting Captives Free in Ethiopia". Charisma News. Diakses tanggal 14 May 2014. 
  5. ^ Arends, Carolyn. "A Feminine Jesus". Christianity Today. Diakses tanggal 14 May 2014. 
  6. ^ "Magdalena: Through Her Eyes (review)". The Dove Foundation. Diakses tanggal 14 May 2014. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]