Jeram Darah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jeram Darah, 2006

Jeram Darah adalah arus keluar air asin yang tercemar oleh besi oksida, yang mengalis dari mulut Gletser Taylor ke permukaan Danau Bonney yang tertutup es. Jeram ini terletak di Lembah Taylor di Lembah Kering McMurdo, Daratan Victoria, Antarktika Timur.

Air dengan kadar garam sangat tinggi yang kaya akan besi secara tidak teratur keluar dari rekahan-rekahan kecil di riam-riam es. Sumber dari air asin ini adalah sebuah kolam subglasial dengan ukuran yang masih belum diketahui, tertutup oleh sekitar 400 meter es, beberapa kilometer dari Jeram Darah.

Deposit kemerahan ini pertamakali ditemukan pada 1911 oleh geolog Australia Thomas Griffith Taylor, yang pertamakali menjelajahi lembah yang sekaran menghormati namanya.[1] Orang yang pertamakali ke tempat ini mengubungkan warna merah tersebut dengan alga merah, namun belakangan dibuktikan bahwa warnanya berasal dari kadar besi oksida.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Explanation offered for Antarctica's 'Blood Falls'". ScienceDaily. Ohio State University. November 5, 2003. Diakses tanggal April 18, 2009.