Piezofili

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Piezifili (juga disebut sebagai barofili) adalah organisme yang tumbuh subur pada lingkungan dengan tekanan tinggi, seperti bakteri di laut dalam atau arkea. Makhluk ini umumnya ditemukan di dasar laut, di mana tekanan di kawasan itu sering melebihi 380 atm (38 MPa). Beberapa spesies jenis ini telah ditemukan di dasar Samudera Pasifik di mana tekanan maksimumnya adalah sekitar 117 MPa. Tekanan tinggi yang dialami oleh organisme ini dapat menyebabkan membran cairan sel normal menjadi semacam lilin dan relatif kedap nutrisi. Organisme ini telah beradaptasi dengan cara baru untuk menjadi toleran terhadap tekanan-tekanan yang terjadi pada habitat laut dalam.

Bakteri barotolerant mampu bertahan hidup pada tekanan tinggi, tetapi dapat pula bertahan hidup pada lingkungan yang kurang ekstrem. Sebaliknya Barophiles obligate tidak dapat bertahan hidup di luar lingkungan ekstrem tersebut. Sebagai contoh, spesies Halomonas salaria. Makhluk hidup ini memerlukan tekanan hingga 1.000 atm (100 MPa) dengan suhu sekitar 3 derajat Celcius. Kebanyakan piezofili tumbuh dan berkembang dalam kegelapan dan biasanya sangat sensitif terhadap sinar ultra violet.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Sharma, A.; Scott, J. H.; Cody, G. D.; Fogel, M. L.; Hazen, R. M.; Hemley, R. J. & Huntress, W. T. (2002). "Microbial activity at gigapascal pressures". Science. 295 (5559): 1514–1516. doi:10.1126/science.1068018. PMID 11859192.