Jeff Jarrett

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Jeff Jarrett
Jeff Jarrett.jpg
Jarrett di bulan April 2007.
Nama lahirJeffrey Leonard Jarrett
Lahir14 April 1967 (umur 52)
Hendersonville, Tennessee, Amerika Serikat
Tempat tinggalHendersonville, Tennessee, Amerika Serikat
PasanganJill Gregory (1992-2007)
Karen Jarrett (2010-sekarang)
Anak5
KeluargaJerry Jarrett (ayah)
Eddie Marlin (kakek)
Karier gulat profesional
Nama ringJeff Jarrett
Tinggi6 ft 1 in (1,85 m)
Berat235 lb (107 kg)
Asal dariNashville, Tennessee
Dilatih olehJerry Jarrett
Buddy Landel
Debut1986

Jeffrey Leonard "Jeff" Jarrett (lahir pada 14 April 1967) adalah seorang ahli pegulat, penggalak para pegulat baru dan pendiri suatu ajang gulat bernama Total Nonstop Action Wrestling (disingkat TNA) berkebangsaan Amerika Serikat. Dia mendirikan ajang gulat tersebut bersama ayahnya Jerry Jarrett lalu Jeffrey mendirikan satu ajang gulat lagi dengan nama Global Force Wrestling atau GFW. Dia juga dikenal karena pernah menjalani karier sebagai pegulat di World Championship Wrestling (atau WCW) serta World Wrestling Federation (atau WWF) pada tahun 1990-an.

Selaku pegulat turunan ketiga, secara keseluruhan ia telah meraih sabuk kejuaraan sebanyak 77 kali di berbagai ajang promosi pegulat di sepanjang kariernya. Dia telah meraih sabuk kejuaraan kelas berat dunia NWA sebanyak 6 kali, sabuk kejuaraan kelas berat dunia WCW sebanyak 4 kali dan satu kali menjadi peraih juara AAA Mega Championship. Dia juga berhasil menjadi peraih gelar juara NWA di TNA semasa kepemilikannya atas perusahaan ajang gulat TNA.

Dia telah meraih keberhasilan yang patut diperhatikan untuk menjadi peraih sabuk kejuaraan di ajang gulat WWF dengan meraih sabuk kejuaraan antar benua sebanyak 6 kali mulai dari 1999 hingga 2004 dan menjadi salah satu pegulat yang meraih sabuk kejuaraan antar benua dan sabuk kejuaraan Eropa secara serempak. Dialah pegulat satu-satunya yang memenangkan pertarungan King of the Mountain sebanyak 3 kali di TNA dan juga telah pernah memenangkan suatu turnamen promosi pegulat bernama Reyes yang diselenggarakan ajang gulat ''Asistencia Asesoría y Administración'' (disingkat AAA) pada tahun 2004 di Meksiko, hal tersebut menjadikan dirinya sebagai pegulat satu-satunya yang meraih kemenangan baik di King of the Mountain maupun Rey de Reyes.

Di antara ajang WCW, TNA dan AAA, dirinya telah meraih sabuk kejuaraan dunia sebanyak 11 kali serta secara keseluruhan telah memiliki sabuk kejuaraan hingga 24 kali. Kemudian, ia telah dilantik menjadi salah satu Hall of Fame (panggung keterkenalan) dari TNA pada tahun 2015.

Berkarier sebagai ahli pegulat[sunting | sunting sumber]

1986-1993: Karier Awal[sunting | sunting sumber]

Sejak dilahirkan di Hendersonville, Tennessee, dia telah terlibat dalam kegiatan bola basket selama di SMA, tetapi ia pun bekerja di dalam ajang gulat Continental Wrestling Association (atau CWA) milik ayahnya sebagai seorang wasit sejak bulan Maret 1986 lalu ia mulai melakukan latihan sebagai seorang pegulat dengan diajari ayahnya dan Tojo Yamamoto. Jeff Jarrett mulai tampil di gelanggang gulat sebagai pegulat saat berumur 18 tahun sejak bulan April 1986, itu dimulai ketika seorang pegulat bernama Tony Falk yang menjadi jobber berupaya untuk mengakhiri rentetan kekalahannya dengan menantang Jarrett ke dalam suatu pertarungan. Jarrett menerima tantangan Tony Falk dan mulai bergulat dengannya yang berlangsung selama 10 menit dan berakhir imbang. Jarrett merupakan turunan ketiga sebagai pegulat. Ayahnya juga seorang pegulat sebagaimana kakek dari pihak ibu Jarrett yaitu Eddie Marlin, sementara nenek dari pihak ayah Jarrett yaitu Christine dipekerjakan oleh sebuah ajang promosi gulat yang berbasis di Nashville yaitu Gulas/Welch Promotions.[1][2][3] Kemudian, ia juga telah bergulat di ajang American Wrestling Association (AWA).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Baines, T. (7 September 2003). "Double-J a hit with NWA:TNA". Canadian Online Explorer. Diakses tanggal 13 April 2007. 
  2. ^ Fishman, S. (13 Mei 2004). "Jeff Jarrett Interview: "People Are Going to be Very Surprised"". Wrestleline.com. Diakses tanggal 13 April 2007. 
  3. ^ Mooneyham, M. (1998). "Jarrett Looking For The Right Gimmick". MikeMooneyham.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 27 September 2007. Diakses tanggal 23 Mei 2007.