American Wrestling Association

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
American Wrestling Association
Sebelumnya
Minneapolis Boxing & Wrestling Club
Privat
IndustriGulat profesional
NasibAset dimiliki oleh WWE
Didirikan1960
(sebagai AWA)
PendiriVerne Gagne dan Wally Karbo
Ditutup1991
Kantor
pusat
Minneapolis, Minnesota
PemilikWWE
Situs webwww.wwe.com/classics/awa

American Wrestling Association (AWA) adalah promotor gulat profesional Amerika Serikat yang berbasis di Minneapolis, Minnesota yang berlangsung dari tahun 1960 hingga 1991. Dimiliki dan didirikan oleh Verne Gagne dan Wally Karbo. Promotor ini lahir dari Minneapolis Boxing & Wrestling Club, awalnya wilayah National Wrestling Alliance (NWA) yang berbasis di Minnesota, sebelum akhirnya memisahkan diri dari NWA dan menjadi wilayah independen pada tahun 1960.

Perjanjian kerja internasional[sunting | sunting sumber]

Di luar negeri, AWA memiliki perjanjian kerja dengan promotor Jepang International Wrestling Enterprise (1969 hingga 1980), kemudian All Japan Pro Wrestling (1980 hingga 1988, meskipun hubungan itu tegang pada tahun 1986 oleh permasalahan mengenai AWA Title yang berhubungan dengan Stan Hansen), dan menjelang akhir, New Japan Pro-Wrestling.

Pada tanggal 29 Juni 1986, di Denver, Colorado, Hansen menolak untuk kehilangan gelar Juara Dunia AWA kepada Bockwinkel sebelum tur Jepang dan pergi dengan sabuk juara. Hansen berpendapat bahwa ia direncanakan sebagai AWA Champion di Jepang dan karena itu memenuhi komitmennya. Gagne tidak setuju dan memberikan AWA Championship kepada Bockwinkel, menggunakan salah satu sabuk gelar tag tim secara sementara. Gagne mengancam tindakan hukum jika Hansen terus mempertahankan sabuk itu dan dikembalikan ke AWA sebagai hasilnya (meskipun menurut Bockwinkel di The Spectacular Legacy of the AWA, Hansen telah menabrak sabuk dengan truknya sebelum mengembalikannya[1]).

AWA juga memiliki hubungan singkat dengan promotor Eropa Catch Wrestling Association, dengan promotornya, pegulat Otto Wanz, diberi gelar AWA World Title singkat pada tahun 1982.

Promosi dan gugatan penerus yang tidak sah[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1996, Dale Gagner, mantan karyawan AWA tetapi tidak ada hubungannya dengan Verne meskipun nama keluarganya mirip, menghapus "r" dari namanya dan membentuk sebuah organisasi di Minnesota yang dikenal sebagai AWA Superstars of Wrestling. Pada bulan April 2007, WWE mengajukan gugatan terhadap Gagner, mengutip pelanggaran merek dagang, karena WWE memiliki semua properti AWA karena pembelian mereka setelah penutupan AWA.[2][3][4] Dalam sebuah langkah untuk menghindari WWE, mantan pegulat AWA Jonnie Stewart merek dagang nama "American Wrestling Alliance" tetapi Kantor Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat kemudian mengindikasikan bahwa permintaan itu ditinggalkan pada Februari 2008.

Pada Oktober 2008, gugatan terhadap Gagner diselesaikan. Putusan pengadilan melarang Dale Gagner dan rekan-rekannya menggunakan nama AWA tertentu atau turunan lainnya.[5] Akibatnya, organisasi ini berganti nama menjadi "Wrestling Superstars Live".

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Woodward, Buck (2009-06-29). "This Day In History: Hansen Takes The AWA Belt, Austin Ends Kane's Reign In A DaY And More". PWInsider. Diakses tanggal 2009-10-05. 
  2. ^ Browning, Dan (2007-04-28). "World Wrestling sues promoter". Star Tribune. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-04-28. 
  3. ^ "News and Notes, May 4, 2007". GeorgiaWrestlingHistory.com. 2007-05-04. 
  4. ^ Ryder, Bob (2007-04-26). "WWE Files Lawsuit Against "Gagne" For Trademark Violations Associated With AWA". 1wrestling.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-01-02. 
  5. ^ "WWE wins lawsuit over AWA". wrestleview.com. 2008-10-28. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]