Jean-Louis Pascal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jean-Louis Pascal
Oval Room, National Library of France, 1916
Medical and Pharmacy School, Victory Square, Bordeaux

Jean-Louis Pascal (4 Juni 1837 – 17 Mei 1920) adalah seorang arsitek Prancis akademis.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Lahir di Paris, Pascal diajar di École nationale supérieure des Beaux-Arts oleh Émile Gilbert dan Charles-Auguste Questel. Ia memenangkan Grand Prix de Rome untuk Arsitektur pada tahun 1866, yang menempatkannya di residensi di Villa Medici di Roma dari tahun 1867 hingga 1870.

Setelah dinas singkat dalam Perang Prancis-Prusia, ia kembali ke Paris untuk membantu Hector Lefuel dengan restorasi Louvre, dan menggantikan Questel sebagai kepala studio lamanya sendiri. Pada tahun 1875, bintangnya meningkat di sistem akademi, Pascal diangkat sebagai kepala arsitek untuk Perpustakaan Nasional Prancis setelah kematian arsitek sebelumnya, Henri Labrouste. Pascal membawa proyek panjang ini hampir selesai, memberikan kontribusi interior dan eksterior, Ruang Oval, Salon Voltaire, ruang berkala, dan tangga besar.

Karya utamanya yang lain meliputi banyak monumen dan tugu peringatan di seluruh Prancis, kediaman dan studio pelukis Prancis William-Adolphe Bouguereau, 75 rue Notre-Dame-des-Champs, Paris, selesai pada tahun 1868, dan makam Jules Michelet di Pemakaman Père Lachaise pada tahun 1893.

Pada tahun 1914 Pascal dianugerahi Amerika AIA Gold Medal pada tahun 1914 (keempat yang pernah diberikan) dan Royal Gold Medal dari Royal Institute of British Architects. Dia meninggal di Paris.

Pengaruh[sunting | sunting sumber]

Pascal mungkin memiliki pengaruh terbesarnya sebagai guru, baik untuk arsitek Prancis dan khususnya bagi siswa internasional yang mengadaptasi pelajaran Beaux-Arts ke negara asal mereka. Atelier Pascal dikreditkan dengan total empat hadiah utama dan hadiah lima belas detik saat dia menjadi pelindung.

Di antara banyak siswa Pascal adalah:

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Arsitek Amerika dari zaman kolonial hingga sekarang Oleh Cecil D. Elliott [kutipan diperlukan]