Jarum keras

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kecil (80 mm (3+532 in) ) jarum keras

Jarum keras, gesper putar atau spanskrup adalah alat untuk mengatur tegangan atau panjang tali, kabel, batang pengikat, dan sistem tegangan lainnya. Biasanya terdiri dari dua baut mata berulir, satu disekrup ke setiap ujung bingkai logam kecil, satu dengan ulir kanan konvensional dan yang lainnya dengan ulir kiri. Ketegangan dapat diatur dengan memutar rangka, yang menyebabkan kedua baut mata disekrup masuk atau keluar secara bersamaan, tanpa memutar baut mata atau kabel yang terpasang.[1]

Kegunaan[sunting | sunting sumber]

Jarum keras paling sering digunakan dalam aplikasi yang memerlukan banyak tegangan ; massanya dapat berkisar dari sekitar10 gram (38 oz) untuk kabel tipis yang digunakan pada pagar taman, hingga ton untuk elemen struktur pada bangunan dan jembatan gantung .

Pesawat terbang[sunting | sunting sumber]

Jarum keras telah digunakan dalam konstruksi pesawat terbang, terutama pada tahun-tahun awal penerbangan. Secara historis, biplan mungkin menggunakan jarum keras untuk mengatur tegangan pada kabel struktural yang menopang sayapnya. Jarum keras juga banyak digunakan pada kabel fleksibel dalam sistem kontrol penerbangan. Dalam kedua kasus tersebut, mereka diamankan dengan kawat pengunci atau klip kawat yang dirancang khusus untuk mencegahnya berputar dan kehilangan tegangan akibat getaran.

Pelayaran[sunting | sunting sumber]

Jarum keras digunakan untuk mengencangkan tali pengikat kapal. Perangkat ini juga dikenal sebagai pembuka botol dalam konteks ini.

Olahraga[sunting | sunting sumber]

Jarum keras digunakan untuk mengencangkan tali di ring gulat profesional dan ring tinju, yang berfungsi sebagai pengikat antara tali ring dan tiang ring, dan diberi bantalan.

Sistem pipa[sunting | sunting sumber]

Jarum keras digunakan dalam sistem perpipaan sebagai cara untuk memberikan sedikit penyesuaian terhadap ketidakkonsistenan lapangan. Hal ini juga memungkinkan adanya hambatan minimum saat memindahkan beban ke komponen pendukung.

Ortopedi[sunting | sunting sumber]

Suatu jenis belat yang digunakan pada ekstremitas atas untuk menghasilkan peregangan bertahap pada sendi yang berkontraksi melalui mekanisme putaran gespernya. Digunakan untuk mengobati kaku siku dan Kontraktur Iskemik Volkmann .

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Special Hardware You Should Know About". Popular Science Monthly. Bonnier Corporation: 169. Dec 1959.