Tarikan (fisika)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
9 pria dari tim tarik tambang Irlandia tampak sedang menarik tali tambang. Tali dalam foto ini meluas menjadi ilustrasi yang menunjukkan segmen tali yang berdekatan. Satu segmen diduplikasi dalam diagram benda bebas yang menunjukkan sepasang gaya aksi-reaksi dengan magnitudo T yang menarik segmen ke arah yang berlawanan, T ditransmisikan secara aksial dan disebut gaya tarikan. Ujung tali ini menarik tim tarik tambang Irlandia ke arah kanan. Setiap segmen tali ditarik terpisah oleh dua segmen yang bersebelahan, menekankan segmen yang juga disebut sebagai tarikan dan dapat berubah seiring dengan anggota tarik tambang yang ada di lapangan sepak bola itu.

Tarikan (bahasa Inggris: Tension) dalam fisika digambarkan sebagai gaya tarik yang ditransmisikan secara aksial dengan menggunakan tali, kabel, rantai, atau objek kontinu satu dimensi yang serupa atau dengan setiap ujung batang, topang (truss) maupun objek tiga dimensi serupa. Tarikan juga dapat dikatakan sebagai pasangan aksi-reaksi dari gaya yang bekerja pada setiap ujung elemen yang disebutkan tadi. Secara umum, tarikan merupakan kebalikan dari kompresi.

Pada tingkat atom, ketika atom atau molekul ditarik terpisah satu sama lainnya dan memperoleh energi potensial dengan gaya pemulih yang masih ada, maka gaya pemulih tersebut dapat menciptakan apa yang disebut sebagai tarikan juga. Setiap ujung tali atau batang dalam gaya tarikan tersebut dapat menarik benda yang dilekatkannya agar mengembalikan tali/batang ke panjang atau kondisi normalnya.

Dalam fisika, tarikan sebagai gaya yang ditransmisikan, menjadi pasangan gaya aksi-reaksi atau sebagai gaya pemulih, dapat berupa gaya dan memiliki satuan yang diukur dalam newton (atau terkadang dalam gaya pon). Ujung-ujung tali atau benda lain yang mentransmisikan tarikan akan mengerahkan kekuatan pada benda-benda tempat tali atau batang yang dihubungkan ke arah tali tersebut pada titik pemasangannya. Dengan adanya kekuatan-kekuatan ini maka tarikan disebut juga "kekuatan pasif". Ada dua kemungkinan dasar untuk sistem objek pada tali yaitu:[1] tidak ada akselerasi oleh karena itu sistem berada dalam kesetimbangan atau ada akselerasi maka gaya total (jumlah vektor dari gaya individu) ada dalam sistem.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Physics for Scientists and Engineers with Modern Physics, Section 5.7. Seventh Edition, Brooks/Cole Cengage Learning, 2008.