Japing-japing

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Japing-japing
Pinctada margaritifera

Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumMollusca
KelasBivalvia
OrdoPterioida
FamiliPteriidae
GenusPinctada
SpesiesPinctada margaritifera
Linnaeus, 1758

Pinctada margaritifera, umumnya dikenal sebagai japing-japing atau tiram mutiara bibir hitam, adalah spesies tiram mutiara, moluska air asin, moluska kerang laut dalam famili Pteriidae . Spesies ini umum ditemukan di Indo-Pasifik di terumbu karang tropis.

Kemampuan P. margaritifera menghasilkan mutiara berarti spesies tersebut merupakan sumber daya berharga bagi manusia. Japing-japing dipanen secara liar dari terumbu karang dan juga umumnya ditanam di budidaya perikanan, keduanya terutama dilakukan di kawasan Indo-Pasifik.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Secara eksternal, cangkangnya berwarna coklat keabu-abuan atau hijau tua, meskipun bintik-bintik putih umum ditemukan di seluruh cangkang. Japing-japing biasanya mencapai antara 20 dan 25 sentimeter (7,9 dan 9,8 in) tingginya. Ciri khas spesies ini adalah engselnya tidak memiliki gerigi.

(Genera Pinctada dan Pteria sering membingungkan. Pada Pinctada, engselnya panjang dan lurus, ujung cangkang yang panjang membentuk sudut siku-siku terhadap engsel, dan katup kiri sedikit lebih dalam daripada katup kanan. Pada genus Pteria, lebar cangkang jauh lebih panjang daripada tingginya dan sudut engselnya menonjol dan menjorok.)

Jangkauan[sunting | sunting sumber]

Japing-japing menempati wilayah yang luas di seluruh Teluk Persia, Laut Merah, Sudan, Papua Nugini, Australia, Polinesia Perancis, Kepulauan Cook, Indonesia, Kepulauan Andaman dan Nikobar, Samudera Hindia bagian barat daya, Jepang dan Samudera Pasifik, dan berbagai lokasi di pantai India .

Habitat[sunting | sunting sumber]

Japing-japing terdapat di kawasan terumbu karang. Hewan penyaring ini mampu berkembang dalam kondisi fitoplankton rendah. Japing-japing menempel pada teritip dan substrat keras lainnya melalui byssus .[1] Mereka tumbuh subur di zona intertidal dan subtidal, pada kedalaman mulai dari air surut hingga 75 meter. Habitat biasanya dicirikan sebagai oligotrofik dan memiliki kekeruhan rendah. Spesies lain, termasuk spons, hidroid, polichaetes, lamellibranch, amphipoda, dekapoda, echinodermata, dan ikan, biasanya mempunyai hubungan dekat dengan hamparan tiram mutiara.

Relevansi manusia[sunting | sunting sumber]

Spesies ini umumnya dibudidayakan dan dipanen untuk diambil mutiaranya, dan terdapat konsensus umum bahwa kualitas mutiara dari Pinctada margaritifera adalah kualitas tertinggi dari semua tiram mutiara. Mutiara terbentuk ketika parasit atau bahan pengiritasi lainnya masuk ke dalam tiram dan nacre dilepaskan oleh tiram untuk melapisi benda tersebut, yang akhirnya menghasilkan mutiara kecil. Ada mitos yang populer bahwa pasir adalah bahan pengiritasi umum yang menyebabkan nukleasi mutiara, namun hal ini sangat jarang terjadi, atau bahkan pernah terjadi. Bivalvia mampu membersihkan pasir dari tubuhnya dengan sangat efektif, dan penelitian terhadap inti mutiara menunjukkan bahwa sebagian besarnya terbentuk dari serangan parasit, bahan pengiritasi organik lainnya, atau bahkan kerusakan jaringan. Pelepasan mutiara oleh tiram berfungsi sebagai adaptasi sistem kekebalan untuk mengisolasi partikel invasif dan iritasi. P. margaritifera khususnya menghasilkan mutiara berwarna abu-abu atau hitam .

Ekologi bentik di kawasan ini merupakan faktor penting dalam laju produksi dan kualitas mutiara. Dasar yang berbatu-batu, berkerikil, dan konsentrasi lumpur yang rendah lebih disukai, dan arus diperlukan untuk menjaga air tetap bersih dengan fitoplankton segar dan pembuangan kotoran . Arus yang lebih kuat menyebabkan perkembangan mutiara lebih cepat tetapi kualitasnya lebih rendah.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ceism; Yukihara, et al.; Richmond