Jang Nok-su

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jang Nok-su
장녹수
Selir Kerajaan Suk-Yong
Periode1503–1506
Informasi pribadi
Kelahiranc. 1485
Kerajaan Joseon
Kematian1506
Kerajaan Joseon
Pemakaman
?
WangsaHeungdeok Jang
AyahJang Han-pil
PasanganRaja Yeonsangun dari Joseon
Jang Nok-su
Hangul
Hanja
Alih AksaraSukyong Jangssi
McCune–ReischauerSukyong Changssi

Selir Jang Nok-su (Hangul장녹수, meninggal 1506) adalah selir dari Yeonsangun dari Joseon. Ia sering dibandingkan dengan Jang Hui-bin dan Jeong Nan-jeong, dua wanita lainnya dari Dinasti Joseon.Setelah penggulingan Yeonsangun, dia dieksekusi oleh penguasa baru, Jungjong dari Joseon.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Ayahnya adalah Jang Han-pil yang tinggal di bagian barat Provinsi Chungcheong dan ibunya adalah seorang selir dari kelas cheonmin. Karena itu, Jang Nok-su hidup sebagai pelayan dari Pangeran Agung Jean, putra dari Yejong dari Joseon darn Ratu Ansun. Setelah melahirkan seorang putra, dia belajar menyanyi dan menari dan menjadi kisaeng. Dia memiliki kecantikan yang biasa-biasa saja, tetapi memiliki penampilan yang bersemangat dan berpenampilan muda, dan memiliki bakat luar biasa untuk menyanyi dan musik.

Suatu hari, Yeonsangun mendengar suaranya dan mengangkat Jang Nok-su sebagai selirnya, mengirimkan banyak hadiah dan kekayaan kepada keluarganya. Selir Jang sepertinya memperlakukan Yeonsangun sebagai seorang bayi, tetapi dia sangat menyukainya sehingga semua keputusan dan hukuman dibuat di bawah pengaruhnya. Pada tahun 1503 Jang Nok-su menjadi Selir Kerajaan ketika dia diangkat ke pangkat Suk-yong. Atas bantuan raja, saudara iparnya Kim Hyo-Son (suami dari saudara perempuannya) diberi jabatan resmi.

Meskipun Jang Nok-su tinggal di istana, dia menghancurkan rumahnya untuk membangun kembali rumah yang baru dan lebih besar. Pada tahun 1506, sekelompok pejabat berkomplot melawan penguasaan lalim dari Yeonsangun. Raja Yeonsangun digulingkan dan dikirim ke pengasingan. Saat-saat terakhir kehidupan Jang Nok-su sangat menyedihkan. Dia dipenggal di depan umum dan banyak orang melemparkan batu ke mayatnya.

Dalam kebudayaan populer[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Rebel". MBC Global Media. MBC&iMBC. Diakses tanggal September 9, 2019. 
  2. ^ "7일의 왕비 인물관계도". KBS (dalam bahasa Korean). Diakses tanggal September 9, 2019.