Jamur tiung emas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jamur tiung emas
Hygrocybe chlorophana
Taksonomi
DivisiBasidiomycota
SubdivisiAgaricomycotina
KelasAgaricomycetes
SubkelasAgaricomycetidae
OrdoAgaricales
FamiliHygrophoraceae
GenusHygrocybe
SpesiesHygrocybe chlorophana
Wünsche, 1877
Tata nama
BasionimAgaricus chlorophanus
Sinonim taksonAgaricus chlorophanus Fr. (1821)

Hygrophorus chlorophanus (Fr.) Fr. (1838)
Godfrinia chlorophana (Fr.) Herink (1958)
Hygrocybe euroflavescens Kühner (1976)

Hygrophorus euroflavescens (Kühner) Dennis (1986)

Hygrocybe chlorophana atau jamur tiung emas adalah spesies agaric (jamur insang) dalam keluarga Hygrophoraceae . Spesies ini sebagian besar tersebar di daerah beriklim utara, terdapat di padang rumput di Eropa dan di hutan di Amerika Utara dan Asia utara; itu juga telah dilaporkan dari daerah pegunungan di Australia selatan. Biasanya menghasilkan basidiokarp (tubuh buah) di musim gugur. Di beberapa negara Eropa, H. chlorophana menjadi perhatian konservasi, muncul dalam daftar merah nasional jamur yang terancam punah.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Basidiocarps adalah agaricoid, hingga 100 mm (4 di) tinggi, tutupnya awalnya cembung (tidak pernah berbentuk kerucut), menjadi datar ketika diperluas, hingga 75 mm (3 di) melintasi. Permukaan tutupnya halus, sangat kental saat lembab, berwarna kuning lemon cerah hingga kuning oranye (jarang oranye hingga merah). Lamela (insang) berbentuk lilin, berwarna pucat, dan melekat (melekat erat pada batang). Stipe (batang) halus, silindris atau padat dan beralur, berwarna tutup, dan lembab hingga agak kental saat lembab. Cetakan spora berwarna putih, spora (di bawah mikroskop) halus, inamiloid, ellipsoid, sekitar 7,5 hingga 9,0 kali 4,0 hingga 5,5 μm .

Distribusi dan habitat[sunting | sunting sumber]

Jamur tiung emas tersebar luas di seluruh zona beriklim utara, terjadi di Eropa, Amerika Utara, dan Asia utara; itu juga telah tersebar dari daerah pegunungan Alpen Gunung Wellington di Tasmania, Australia . Seperti jamur tiung lainnya, ia tumbuh di padang rumput pendek (padang rumput dan halaman rumput) yang tua, belum diperbaiki, dan pendek di Eropa, tetapi di hutan di Amerika Utara dan Asia. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa jamur tiung bukanlah mikoriza atau saprotrofik tetapi mungkin berhubungan dengan lumut.

Konservasi[sunting | sunting sumber]

H. chlorophana pada cap Kepulauan Faroe

Di Eropa, Hygrocybe chlorophana merupakan ciri khas padang rumput jamur tiung, habitat yang menurun karena perubahan praktik pertanian. Meskipun dianggap sebagai salah satu spesies yang tersebar luas dalam genus, jamur tiung emas tetap muncul dalam daftar merah nasional resmi atau sementara dari jamur terancam di beberapa negara Eropa, termasuk Jerman (Bavaria), Polandia, dan Swiss. Pada tahun 1997, spesies ini ditampilkan pada perangko yang dikeluarkan oleh Kepulauan Faeroe .

Lihat juga[sunting | sunting sumber]