Jamur tiung

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jamur tiung
Hygrocybe

Taksonomi
DivisiBasidiomycota
SubdivisiAgaricomycotina
KelasAgaricomycetes
SubkelasAgaricomycetidae
OrdoAgaricales
FamiliHygrophoraceae
GenusHygrocybe
P.Kumm., 1871
Tipe taksonomiHygrocybe conica
Tata nama
Sinonim taksonBertrandia

Hygrocybe adalah genus agarik (jamur insang) dalam keluarga Hygrophoraceae . Di Inggris mereka dikenal dengan nama waxcaps, dan di Indonesia lebih dikenal dengan nama jamur tiung. Basidiocarpsnya (tubuh buah) sering kali berwarna cerah dan memiliki tutup kering hingga lilin, spora berwarna putih, dan batang halus tanpa cincin. Di Eropa, Hygrocybe merupakan ciri padang rumput tua yang belum diperbaiki (disebut padang rumput waxcap ) yang habitatnya semakin berkurang, sehingga banyak spesies Hygrocybe menjadi perhatian konservasi . Empat dari spesies jamur tiung ini, Hygrocybe citrinovirens, H. punicea, H. spadicea, dan H. splendidissima, dinilai “rentan” secara global dalam Daftar Merah Spesies Terancam Punah IUCN. Di tempat lain, jamur tiung lebih banyak ditemukan di hutan. Sebagian besar hidup di darat dan semuanya diyakini sebagai biotrof . Sekitar 150 spesies dikenali di seluruh dunia. Tubuh buah dari beberapa spesies Hygrocybe dianggap dapat dimakan dan terkadang ditawarkan untuk dijual di pasar lokal.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Tubuh buah spesies jamur tiung semuanya agaricoid, sebagian besar (tetapi tidak semua) memiliki tutup halus hingga sedikit bersisik yang cembung hingga berbentuk kerucut dan kering hingga seperti lilin atau kental saat lembap. Banyak (tapi tidak semua) berwarna cerah dengan nuansa merah, oranye, atau kuning. Jika ada, insang di bawah tutupnya sering kali memiliki warna yang sama dan biasanya berjauhan, tebal, dan seperti lilin. Salah satu spesies Amerika Selatan yang tidak lazim, Hygrocybe aphylla, tidak memiliki insang. Batang spesies Hygrocybe tidak memiliki cincin . Cetakan spora berwarna putih. Tubuh buah beberapa spesies, terutama Hygrocybe conica, menjadi hitam seiring bertambahnya usia atau saat memar. Secara mikroskopis, spesies Hygrocybe tidak memiliki sistidia sejati dan memiliki basidiospora inamyloid yang relatif besar, halus.

Habitat, nutrisi, dan distribusi[sunting | sunting sumber]

Jamur tiung adalah jamur yang hidup di tanah. Di Eropa, sebagian besar spesies merupakan tipikal padang rumput pendek dengan unsur hara yang sedikit (miskin nutrisi), sering disebut " padang rumput jamur tiung ", tetapi di tempat lain mereka lebih sering ditemukan di hutan.

Metabolismenya telah lama diperdebatkan, namun penelitian terbaru menunjukkan bahwa mereka tidak bersifat saprotrofik [1] melainkan bersimbiosis dengan akar tanaman tingkat tinggi atau lumut. Hifa H. conica telah terdeteksi pada akar tanaman. [1]

Spesies ini tersebar di seluruh dunia, dari daerah tropis hingga daerah sub-kutub. Sekitar 150 telah dijelaskan hingga saat ini. Jamur tiung mendapat perhatian paling besar di Eropa utara, [2] di mana mereka ditemukan di padang rumput yang miskin nutrisi. Namun, di luar Eropa, jamur tiung lebih sering dikaitkan dengan habitat hutan, misalnya lokasi hutan sklerofil di Lane Cove Bushland Park dan Ferndale Park, Sydney .[3]

Penggunaan ekonomi[sunting | sunting sumber]

Karena spesies jamur tiung tidak dapat dibudidaya, tidak ada yang dibudidayakan secara komersial. Tubuh buah dari beberapa spesies dianggap dapat dimakan di Eropa Timur, Asia Tenggara, dan Amerika Tengah serta dikumpulkan dan dikonsumsi secara lokal.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Halbwachs, Hans; Dentinger, Bryn T.M.; Detheridge, Andrew P.; Karasch, Peter; Griffith, Gareth W. (December 2013). "Hyphae of waxcap fungi colonise plant roots". Fungal Ecology. 6 (6): 487–492. doi:10.1016/j.funeco.2013.08.003. ISSN 1754-5048. 
  2. ^ Griffith, G.W.; Gamarra, J.G.P.; Holden, E.M.; Mitchel, D.; Graham, A.; Evans, D.A.; Evans, S.E.; Aron, C.; Noordeloos, M.E. (30 August 2014). "The international conservation importance of Welsh 'waxcap' grasslands". Mycosphere. 4 (5): 969–984. doi:10.5943/mycosphere/4. 
  3. ^ Protecting and restoring the fungi (sic) community of Lane Cove Bushland Park (PDF). Department of Environment and Climate Change NSW. 2008. ISBN 978-1-74122-965-3. Diakses tanggal 18 May 2018.