Jamur tiram merah muda

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jamur tiram merah muda
Pleurotus djamor
Taksonomi
DivisiBasidiomycota
SubdivisiAgaricomycotina
KelasAgaricomycetes
SubkelasAgaricomycetidae
OrdoAgaricales
FamiliPleurotaceae
GenusPleurotus
SpesiesPleurotus djamor
Boedijn, 1959
Tata nama
Sinonim taksonAgaricus leptogramme
Agaricus moselei
Agaricus ninguidus
Agaricus placentodes
Agaricus prometheus
Pleurotus djamor var. cyathiformis
Pleurotus djamor var. fuscopruinosus
Pleurotus djamor var. fuscoroseus
Pleurotus djamor var. roseus
Pleurotus djamor var. terricola
Pleurotus salmoneostramineus
Pleurotus prometheus
Pleurotus scabriusculus
Pleurotus leptogramme
Pleurotus moselei
Pleurotus ninguidus
Pleurotus pacificus
Pleurotus placentodes
Lentinus djamor
Lentinus djamor var. roseus
Agaricus caryophylleus
Agaricus scabriusculus

Pleurotus djamor, umumnya dikenal sebagai jamur tiram merah muda, adalah spesies jamur dalam keluarga Pleurotaceae . Awalnya diberi nama Agaricus djamor oleh ahli botani kelahiran Jerman Georg Eberhard Rumphius dan disetujui dengan nama tersebut oleh Elias Magnus Fries pada tahun 1821. Ia dikenal dengan banyak nama berbeda sebelum dipindahkan ke genus Pleurotus oleh Karel Bernard Boedijn pada tahun 1959.

Ciri khas[sunting | sunting sumber]

Rasa jamur tiram merah muda digambarkan seperti daging dan amis. Sama seperti kebanyakan jamur, rasanya cukup umami. Teksturnya berdaging dan kenyal. Jika digoreng hingga garing, bentuknya menyerupai bacon atau bahkan ham. Namun jika masih mentah, rasanya asam.

Tidak mengherankan jika jamur tiram merah muda memiliki warna merah jambu. Ia memiliki topi keriting yaitu 2 – 5 berdiameter cm. Tutupnya juga cukup tipis. Batangnya sangat pendek atau bahkan tidak ada.

Alasan mengapa sangat jarang ditemukan di supermarket adalah karena umur simpannya hanya sekitar satu hari. Karena hanya dipanen dari musim semi hingga musim gugur, maka hanya tersedia pada waktu tersebut.[1]

Kegunaan[sunting | sunting sumber]

Jamur tiram merah muda paling cocok untuk masakan seperti menumis, merebus, memanggang, atau menggoreng. Mereka bisa ditumis atau digoreng dengan sayuran lain, ditambahkan ke hidangan pasta, ditaburkan di atas pizza, ditambahkan ke mangkuk gandum, ditumis dengan telur, direbus dalam sup, chowders, atau semur, atau dimasak menjadi risotto. Mereka juga bisa ditumis dan dicampur dengan saus putih berbahan dasar krim untuk menambah rasa. Karena teksturnya yang berdaging, jamur ini memerlukan pemasakan yang matang untuk mengembangkan rasa dan konsistensi yang dapat dimakan. Jamur tiram merah muda cocok dipadukan dengan ketumbar, peterseli, mint, kemangi, bawang putih, jahe, bawang merah, minyak wijen, kecap, paprika, kol merah, brokolini, jagung putren, daun bawang, kuinoa, mi, nasi dan kentang.

Dalam budaya[sunting | sunting sumber]

Jamur tiram merah muda merupakan spesimen yang umum ditemukan di komunitas Meksiko tengah. Ini adalah jamur paling terkenal di Tlayacapan, Morelos, dengan 98,8% penduduk lokal yang disurvei mampu mengidentifikasinya. Di sana, tercatat mampu tumbuh pada bulan Mei hingga November. Spesies ini dikumpulkan oleh keluarga dan kemudian sering dijual di pasar pedagang. Penduduk setempat menyebutnya dengan berbagai nama: "seta", "cazahuate", "orejón", "hongo de pino", "blanco", "oreja de cazahuate".[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Pink Flamingo Oyster Mushrooms". www.specialtyproduce.com. 2019. 
  2. ^ Álvarez-Farias, Zj (2016). "Ethnomycological knowledge of wild edible mushrooms in Tlayacapan, Morelos" (PDF). Mycosphere. 7 (10): 1491–1499. doi:10.5943/mycosphere/si/3b/1.