James Leroy Bondsteel

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


James L. Bondsteel
Lahir(1947-07-18)18 Juli 1947
Jackson, Michigan
Meninggal9 April 1987(1987-04-09) (umur 39)
Di sepanjang Jalan Tol Glenn antara Anchorage dan Palmer, Alaska
Tempat pemakamanFort Richardson National Cemetery, Joint Base Elmendorf-Richardson, Anchorage, Alaska
PengabdianAmerika Serikat
Dinas/cabang Korps Marinir Amerika Serikat
Angkatan Darat Amerika Serikat
Lama dinas1965 – 1985
PangkatMaster Sersan
KesatuanCompany A, 2nd Battalion, 2nd Infantry Regiment, 1st Infantry Division
Perang/pertempuranVietnam
PenghargaanMedal of Honor
Soldier's Medal
Bronze Star
Purple Heart (2)

James Leroy Bondsteel (18 Juli 1947 – 9 April 1987) adalah seorang prajurit Angkatan Darat Amerika Serikat yang bertugas pada Perang Vietnam, dimana ia meraih Medal of Honor. Ia dianugerahi Medal of Honor pada November 1973 oleh Presiden Richard Nixon.

Biografi[sunting | sunting sumber]

James Leroy Bondsteel lahir di Jackson, Michigan dari pasangan Betty Jean Daisy dan tunangannya, Kenneth Bondsteel. Dia mendaftar di Korps Marinir Amerika Serikat pada tahun 1965 setelah lulus dari Jonesville High School di Jonesville, Michigan.

Bondsteel mendaftar di Korps Marinir AS pada tahun 1965 dan ditempatkan di Korea di mana dia menyumbangkan waktunya untuk sebuah panti asuhan. Ketika kontraknya di Korps Marinir berakhir, dia kemudian mendaftarkan diri ke Angkatan Darat Amerika Serikat, bertugas hingga pensiun pada tahun 1985. Pada tahun 1969, dia dikerahkan ke Vietnam bersama Kompi A, Batalyon 2, Resimen Infantri 2, Divisi Infanteri 1 (Angkatan Darat) di mana ia menerima Medali Kehormatan atas tindakannya yang terjadi pada 24 Mei 1969 di dekat An Lộc, Vietnam Selatan selama Operasi Toan Thang III. Selama berada di Vietnam, Bondsteel belajar berbicara bahasa Vietnam dan dapat membedakan antara dialek daerah yang berbeda.

Setelah meninggalkan Vietnam, Bondsteel ditempatkan di Jerman Barat dari tahun 1970 hingga 1973. Dia juga ditempatkan di berbagai posisi lainnya hingga pensiun pada tahun 1985. Secara total, dia telah mengabdi selama lebih dari 20 tahun. Setelah mencapai pangkat Sersan Kepala, dia pensiun dengan hormat dari Angkatan Darat. Dia kemudian bekerja untuk Urusan Veteran sebagai konselor di kantor regional di Anchorage, Alaska.

Dia tinggal di Willow, Alaska bersama istrinya Elaine dan putri-putrinya, Angel dan Rachel.

Bondsteel meninggal di jembatan Sungai Knik (kemudian dinamai untuk menghormatinya) di Glenn Highway pada tahun 1987 ketika sebuah trailer yang penuh dengan kayu terlepas dari pengangkutan yang menariknya dan menghantam bagian depan AMC Spirit miliknya. Bondsteel dimakamkan di Alaska di Pemakaman Nasional Fort Richardson.

Sebuah pohon ditempatkan di Freedoms Foundation Park di Valley Forge, Pennsylvania, untuk menghormatinya.

Ada sebuah monumen untuknya di Alaska Veterans Memorial di Byers Lake di Parks Highway di Denali State Park.

Camp Bondsteel, pangkalan utama Angkatan Darat AS di Kosovo, dinamai untuk menghormatinya.

Bondsteel, bersama dengan tiga penerima Medal of Honor lainnya yang berasal dari daerah tersebut, dianugerahi Medal of Honor Memorial di Jackson County, Michigan, yang didedikasikan pada 22 November 2011.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]