Jambore Pramuka Dunia ke-3

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Jambore Dunia Pramuka ke-3 adalah pertemuan atau jambore yang diadakan di Arrowe Park, Birkenhead, Inggris Raya, pada 29 Juli - 12 Agustus 1929. Jambore ini dikenal juga dengan nama the Coming of Age Jamboree [1] dan Jamboree of mud, karena pada awal minggu pertama, cuacanya sangat jelek dan mengubah lapangan rumput menjadi lapangan lumpur. Pada Jambore ini, 50.000 pandu dan 320.000 pengunjung dari 69 negara berkumpul di lahan seluas 450 hektare, untuk merayakan 21 tahun berdirinya Gerakan Kepanduan Dunia. Jambore dibuka oleh Duke of Connaught, Presiden dari the Boy Scout Association.

Perkemahan dibagi menjadi delapan subcamp yang dibangun mengelilingi bangunan khusus yang disebut Midway. Bangunan ini digunakan untuk penjualan berbagai material. Tugas sehari-hari di perkemahan seperti memasak, mengumpulkan kayu bakar dan lain lain dilakukan secara bergiliran dari masing-masing group [2].

Pada jambore ini juga melibatkan kepanduan perempuan dari Cheshire, mereka membuka layanan rumah sakit lapangan dan tercatat melayani 321 kasus dan 2323 pasien. Selain itu mereka juga membuka klinik gigi, operasi di lapangan dan kantin rumah sakit yang menyediakan makanan bagi para pasien dan 50 staf, termasuk menu diet.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Inggris)"Jamboree Histories". The Scout Association. Diakses tanggal 2006-09-17. 
  2. ^ (Inggris)"Bronx Valley Council Contingent, World Jamboree, Arrowe Park, England, 1929". U.S. Scouting Service Project. Diakses tanggal 2006-09-18. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]