Jambore Pramuka Dunia ke-2

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Jambore Dunia Pramuka ke-2 adalah pertemuan atau jambore yang diadakan di Ermelunden, sebuah kota yang terletak di utara Ibu Kota Denmark, Kopenhagen pada tanggal 9 - 17 Agustus 1924. Jambore Dunia ke-2 ini secara resmi dibuka pada tanggal 10 Agustus 1924 oleh Rear-Admiral Carl Carstensen, yang mewakili Raja Christian X dari Denmark. Pada Jambore ini, para pandu tidur di luar ruangan di dalam tenda, berbeda dengan Jambore Dunia pertama yang diadakan di dalam ruangan dengan atap kaca. 4.549 pandu mengikuti jambore ini dan sempat basah kuyup karena hujan dan banjir, selama 1 malam mereka menginap di rumah penduduk setempat.[1]

Pada jambore ini terdata ada empat belas negara yang mengikuti kegiatan kompetisi kepanduan, terdiri dari tes keterampilan Scouting, tes stamina, inspeksi perkemahan, kebersihan, kedisiplinan, lagu api unggun, tarian rakyat, renang, kerajinan tangan, dan hiking. Pada Jambore ini, Kepanduan laki-laki Amerika (The Boy Scouts of America) memenangkan kompetisi secara umum, diikuti oleh Kepanduan Inggris Raya dan Kepanduan Hungaria pada posisi ke-3.

Sebagai tuan rumah Jambore ini adalah Christian Holm, Presiden/Ketua Det Danske Spejderkorps. Dalam pelaksanaan kegiatan ia dibantu oleh tiga pandu muda yaitu: Ove Holm (kemudian menjadi Ketua kepanduan Det Danske Spejderkorps), Jens Hvass (kemudian menjadi Komisaris kepanduan Divisi di North Jutland) dan Tage Carstensen (kemudian menjadi pengacara di Jutland dan pendiri Layanan Donor Darah Kepanduan.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Jambore History di www.scout.org". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-09-07. Diakses tanggal 2012-02-10. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]