Jambak

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Seekor kuda dengan jambak yang panjang dan tebal

Jambak atau kuncung adalah bagian surai kuda, yang tumbuh dari bubun hewan dan jatuh ke depan di antara telinga dan ke dahi. Beberapa ras, terutama ras kuda poni, [1] memiliki jambak yang tebal secara alami, sementara ras lain, seperti banyak ras Thoroughbred, memiliki jambul yang lebih tipis. Kuda liar primitif seperti kuda Przewalski dengan surai alami pendek dan tegak umumnya tidak memiliki rambut yang tergerai ke depan hingga ke dahi. Equidae lain seperti keledai [2] dan zebra, tidak memiliki jambak yang terlihat sama sekali.

Tujuan[sunting | sunting sumber]

Sedikit penelitian yang dipublikasikan mengenai tujuan jambak. Namun, jambak tebal lebih umum terjadi pada ras yang dikembangkan di iklim dingin dan basah di Eropa utara [3] dan minimal pada subspesies kuda liar dan spesies kuda lainnya yang beradaptasi dengan iklim panas dan kering, seperti zebra atau keledai. Ia cenderung halus dan kurus pada banyak ras kuda oriental, meskipun mereka memiliki surai dan ekor yang panjang. Oleh karena itu, ini mungkin berperan dalam pengaturan suhu dan mencegah hama.[4]

Perawatan diri[sunting | sunting sumber]

Dalam kompetisi jambak dikepang [5] untuk beberapa acara, seperti pada disiplin tunggang serasi. Sebaliknya, beberapa ras, seperti Andalusia, biasanya ditampilkan dengan jambak panjang, penuh, dan tidak pernah dikepang. Trah lain mungkin membatasi jambak dengan karet gelang dan mengikatnya ke tali kekang . Jambaknya juga bisa dicukur [6] (dicukur) di beberapa kompetisi, seperti polo .

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Highland Pony". Rare Breeds Survival Trust (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-03-19. 
  2. ^ "Mules and Donkeys". The Horse (dalam bahasa Inggris). 2003-02-21. Diakses tanggal 2022-03-19. 
  3. ^ "Highland Pony". Rare Breeds Survival Trust (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-03-19. 
  4. ^ "Why Do Horses Have Manes? (The Answer Might Surprise You)". Pet Keen (dalam bahasa Inggris). 2021-04-30. Diakses tanggal 2022-03-19. 
  5. ^ "French Braiding a Forelock – The Cheshire Horse" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-03-19. 
  6. ^ "Roaching Manes". Pro Equine Grooms (dalam bahasa Inggris). 2021-08-23. Diakses tanggal 2022-03-19.