Rambut kuda

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Rambut kuda

Rambut kuda adalah rambut panjang dan kasar yang tumbuh di ekor dan tengkuk kuda. Rambut ini dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan, seperti kain pelapis, kuas, busur alat musik, kain keras yang disebut haircloth, plester rambut kuda, sebuah bahan pelapis dinding yang sebelumnya digunakan dalam industri konstruksi (sekarang hanya ditemukan pada bangunan-bangunan tua).

Bulu kuda bisa sangat kaku atau sangat halus dan fleksibel; rambut tengkuk umumnya lebih lembut dan lebih pendek dari rambut ekor. Tekstur bulu kuda dapat dipengaruhi oleh pembiakan dan manajemen kuda, termasuk kondisi alami seperti diet atau iklim. Pemrosesan juga dapat memengaruhi kualitas dan tekstur.

Bulu kuda adalah serat protein yang menyerap air secara perlahan, tetapi dapat dicelup atau diwarnai secara efektif menggunakan pewarna tradisional yang cocok untuk serat protein.

Sebagian besar rambut kuda berasal dari kuda yang dijagal.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Rutherford, David (2014-04-20). "10 facts about the horsehair on a string player's bow". Colorado Public Radio (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-06-01. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]