Kuas lukis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Kuas)
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kuas lukis

Kuas Lukis (Inggris: Paint brush) adalah benda yang terdiri dari kayu kecil dengan salah satu ujungnya terdapat bulu halus. Kuas biasa digunakan untuk keperluan melukis dan mengecat. Kuas memiliki bentuk, ukuran, dan bahan yang berbeda-beda sesuai keperluan.

Bagian-bagian kuas lukis[sunting | sunting sumber]

  • Bulu: bagian ini berguna untuk menambahkan cat ke permukaan media (kanvas, dinding, dll).
  • Ferrule: Mempertahankan bentuk bulunya dan juga menempelkannya ke pegangan.
  • Handle: bagian antarmuka yang dimaksudkan antara pengguna dan alat.

Jenis-jenis Kuas Lukis[sunting | sunting sumber]

Kuas Lukis dapat dikelompokkan ke dalam beberapa jenis menurut bentuk bulu kuas, di antaranya bulat lancip, bulat tumpul, persegi rata, persegi lancip, besar dan ukurannya tiap merek tidak sama, nomor bisa sama tetapi besarnya bisa berbeda.

Kegunaan masing-masing kuas tidak sama, misalnya yang bulat lancip untuk mengerjakannya yang rumit, sedang yang persegi rata untuk menangani bidang lebih lebar, cocok untuk mengeblok bidang lukisan.

Berdasarkan danganan (stik) kuas dapat dijadikan dua kelompok, yaitu sedang dan panjang. Masing-masing kelompok digunakan pada tingkat kesulitan yang berbeda dengan perbedaan cara dan jarak memegangnya pula. Untuk mengeblok kanvas cara memegangnya bisa berbeda dengan saat pendetailan lukisan, juga berbeda cara dan jarak memegangnya pada saat detail terakhir atau finishing lukisan.

Memilih kuas berdasarkan keperluan.

Untuk keperluan melukis bisa dibedakan pada bahan untuk melukis. Kuas yang digunakan untuk melukis di kertas berbeda dengan yang kuas untuk kain kanvas.

Untuk melukis di atas kertas sebaiknya memilih kuas yang berbulu halus dan terasa lembut jika dipegang dengan jari, kuas ini cocok digunakan untuk bahan cat pengencer air. Cat jenis pengencer air ini seperti, water color, gouache, cat poster color, dan acrylic. Kuas dan bahan ini cocok untuk anak-anak sekolah. Menggunakan kuas kasar bisa menyebabkan buramnya warna dan bisa juga kertas berlubang.

Untuk melukis di atas kain kanvas, yang banyak digunakan adalah kuas bulu kasar, dipergunakan juga kuas yang berbulu halus untuk memberi efek-efek tertentu pada lukisan. Untuk melukis dengan cat minyak lebih memerlukan bermacam jenis bulu dan bentuk kuas karena teknik cat minyak lebih rumit. Selain itu untuk mencapai gradasi dan komposisi warna yang maksimal dapat dicapai oleh cat minyak.

Kuas lukis cepat rusak

Jika Anda menggunakan kuas lukis dalam tahap awal belajar kuas cepat rusak, hal ini karena Anda belum tahu alur goresan kuas berbanding arah serat bulu kuas, juga dari sudut kemiringan cara menggunakan kuas berapa derajat sebaiknya saat menggunakan. Tekanan kuas pada saat menggunakan sangat berpengaruh, jika tidak sesuai akan cepat rusak juga.

Cara memilih kuas yang lurus

Kuas yang benar-benar lurus dan rapi bulu kuasnya merupakan keharusan terutama kuas untuk keperluan pendetailan dan finishing, karena pada tahap ini diperlukan akurasi tinggi. Jika bengkok sedikit saja keakuratan sulit dicapai.

Caranya untuk memilih kuas yang lurus adalah, jari tangan yang satu memegang ujung batang kuas dan jari tangan yang satunya lagi memegang pangkal kuas dan memutar batang kuas. Dengan cara ini dapat diketahui lurus atau bengkok mulai dari ujung kuas (bulu kuas) sampai pangkal kuas.

Jenis-jenis kuas