Jaman Sudjanaprawira

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jaman Sudjanaprawira

Jaman Sudjanaprawira adalah seorang guru, pegawai dan politikus Indonesia. Ia lahir di Kuningan pada tanggal 21 Agustus 1914. Ia menempuh pendidikan di HIK dan Kursus Guru Sekolah Perdagangan.

Kiprah[sunting | sunting sumber]

Dari 1936 sampai 1942, ia bekerja sebagai Guru, Kepala dari berbagai HIS Partikelir dan Pemerintah. Selama pendudukan Jepang, ia tetap menjabat sebagai Guru, Kepala Sekolah Perdagangan Menengah di Bandung dan Fuku-Hokokaityo Bandung Barat. Setelah proklamasi Kemerdekaan Indonesia, dari 1945 sampai 1950, ia bekerja sebagai anggota Badan Pekerja KNI Bandung, Pegawai Tinggi pada Kementerian Pertahanan di Jogjakarta; Pegawai Staf Pusat Bank Negara di Jogjakarta dan kemudian sebagai Kepala Sekolah Ekonomi Menengah dari Sekolah Perdagangan Negeri di Bandung. Pada bulan Desember 1951, ia diangkat sebagai Inspektur Pengadjaran Ekonomi disamping menduduki jabatan sebagai anggota DPR Daerah Jawa Barat.

Pergerakan[sunting | sunting sumber]

Dari tahun 1938 hingga Perang Pasifik, ia aktif sebagai anggota PB Jeugd Organisatie Pasundan disamping sebagai anggota Pengurus Onderwijzers Vakorganisatie cabang Bandung. Pada jaman Republik Indonesia, ia menjadi anggota PB Sarikat Buruh Laut dan Pelabuhan di Jogjakarta, anggota Central Buruh SOBSI bagian Sosial Ekonomi. Dari 1949 sampai 1950, ia menjabat sebagai Ketua Sarikat Guru Indonesia Jawa Barat (pada awal 1951 menjadi Komisariat PGRI Jawa Barat) dan kemudian sebagai anggota Pengurus Badan Pusat Serikat Sekerja di Bandung.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]