Jam kuarsa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Jam quartz sederhana.
Pengatur gerakan arloji kuarsa pertama Seiko Astron, Kaliber 35A, Nr. 00234, Seiko, Jepang, 1969 (Museum Jam Jerman, Inv. 2010-006)

Jam kuarsa atau jam quartz adalah jam yang menggunakan osilator elektronik yang diatur oleh kuarsa kristal agar jam dapat bergerak. Osilator kristal ini menciptakan sinyal dengan frekuensi yang sangat presisi, sehingga jam kuarsa dilihat dari segi urutan besarnya magnitudo lebih akurat daripada jam mekanis. Secara umum, beberapa bentuk logika digital menghitung siklus sinyal dan menyediakan tampilan waktu numerik, biasanya dalam satuan jam, menit, dan detik.

Jam kuarsa pertama di dunia dibuat pada 1927 oleh Warren Marrison dan J. W. Horton di Bell Telephone Laboratories. Namun, arloji kuarsa pertama di dunia diluncurkan oleh Seiko, produsen jam tangan asal Jepang yang saat itu memakai nama Astron pada bulan Desember 1969.[1][2] Sejak 1980-an, ketika muncul elektronik digital bentuk padat sehingga memungkinan dibuat model yang kompak dengan biaya murah. Jam kuarsa menjadi teknologi pencatat waktu yang paling banyak digunakan di dunia, sebagian besar untuk jam, jam tangan, komputer dan peralatan lainnya yang berfungsi sebagai penunjuk waktu.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ October 10, Joe Thompson; 2017. "Four Revolutions: Part 1: A Concise History Of The Quartz Revolution". HODINKEE (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-03-03. 
  2. ^ "The Quartz Crisis and Recovery of Swiss Watches Relation between Timepieces and Society". THE SEIKO MUSEUM (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-03-03.