Jalur 52 (Metro Amsterdam)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jalur 52
Kereta metro di Stasiun Noord
Ikhtisar
Nama asliMetrolijn 52 / Noord/Zuidlijn
JenisAngkutan cepat
Sistem Metro Amsterdam
StatusOperasional
LokasiAmsterdam, Holland Utara
TerminusNoord
Zuid
Stasiun8
Operasi
Dibuka22 Juli 2018
OperatorGemeentelijk Vervoerbedrijf
RangkaianAlstom Metropolis M5
Data teknis
Panjang lintas9,7 km (6,0 mi)
Lebar sepur1.435 mm (4 ft 8+12 in)
Elektrifikasi750 V DC rel ketiga
Kecepatan operasi70 km/h (45 mph)
Peta rute

Jalur 52 (Metrolijn 52), dikenal juga sebagai Jalur Utara-Selatan (Noord/Zuidlijn), adalah salah satu jalur dari jaringan Metro Amsterdam. Jalur ini bermula di Amsterdam-Noord (stasiun Noord di sebelah Buikslotermeerplein), berlanjut di bawah Amsterdam-Centrum, hingga berakhir di stasiun Amsterdam Zuid. Jalur ini memiliki enam pemberhentian perantara: Noorderpark, Stasiun Centraal, Rokin, Vijzelgracht, De Pijp, dan Europaplein. Jalur ini resmi dibuka pada 21 Juli 2018 oleh wali kota Amsterdam, Femke Halsema,[1] dan dibuka untuk umum keesokan harinya pada 22 Juli 2018.[2]

Ini bukanlah jalur 52 yang pertama di Amsterdam. Selama Mei 2008 dan Juli 2013, sebagian jalur 50 diioperasikan sebagai jalur 52 karena pekerjaan di area Stasiun Zuid.[3]

Daftar stasiun[sunting | sunting sumber]

Jalur Stasiun Transfer Lokasi
Noord Noord
Noorderpark
Centraal Station Centrum
Rokin
Vijzelgracht
De Pijp Zuid
Europaplein
Zuid

Karakteristik[sunting | sunting sumber]

Rute[sunting | sunting sumber]

Jalur ini memiliki panjang 9,7 km, sekitar 7,1 km di antaranya berada di bawah tanah.[4][5] Waktu tempuh dari ujung ke ujung adalah 15 menit, dan dari Stasiun Centraal ke terminus utara 4 menit dan 11 menit ke terminus selatan. Jalur ini dimulai dari atas tanah di Amsterdam-Noord dan melewati bawah IJ dan Stasiun Centraal. Rute berlanjut melalui terowongan di bawah Damrak, Dam, Rokin, Vijzelstraat, Vijzelgracht, Ferdinand Bolstraat, dan Scheldestraat. Dari Europaplein, jalur ini dibangun dengan metode potong dan tutup. Jalur ini berlanjut di bawah tanah melewati RAI hingga sampai di atas tanah di reservasi tengah Jalan Lingkar Selatan (A10) tepat sebelum ujung selatan.

Teknologi[sunting | sunting sumber]

Total panjang terowongan yang dibor adalah 3,1 km, belum termasuk stasiun yang dilaluinya. Rute tersebut dipilih agar bor TBM mengikuti pola jalan raya dan sesedikit mungkin melakukan pengeboran langsung di bawah bangunan. Jalur ini menggunakan tenaga rel ketiga, sama seperti jaringan metro lainnya.

Pasokan energi, keamanan, dan infrastruktur lainnya di jalur ini dikendalikan dari Sein-Energie en Telecomgebouw (Gedung Sinyal, Energi dan Telekomunikasi), yang terletak di pusat reservasi Jalan Lingkar Selatan, bagian barat dari stasiun metro RAI.[6]

Hanya bakal pelanting M5 yang digunakan pada jalur ini (maksimal 7 gerbong).

Masa depan[sunting | sunting sumber]

Sejumlah opsi perpanjangan telah diajukan sejak jalur tersebut dibangun. Ini termasuk perpanjangan hingga ke Bandara Schiphol di selatan, serta ke Zaandam, Purmerend, dan Nieuwendam di utara.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Noord/Zuidlijn geopend: 'Er is veel gevraagd van Amsterdammers'". nos.nl (dalam bahasa Belanda). 2018-07-21. Diakses tanggal 2024-02-28. 
  2. ^ "Noord/Zuidlijn gaat definitief rijden op 22 juli 2018". 
  3. ^ "Traminfo". www.traminfo.nl. Diakses tanggal 2024-02-28. 
  4. ^ "De Noord/Zuidlijn Amsterdam". www.witteveenbos.com (dalam bahasa Belanda). Diakses tanggal 2024-02-28. 
  5. ^ https://www.volkerwessels.com/nl/projecten/detail/noordzuidlijn-amsterdam.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)
  6. ^ "Hierzijnwij.nu » Kloppend hart van de metro in aanbouw". web.archive.org. 2014-02-19. Diakses tanggal 2024-02-28.