Jakasetia, Bekasi Selatan, Bekasi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Jakasetia
Kelurahan
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Barat
Kota Bekasi
Kecamatan Bekasi Selatan
Kodepos 17147
Luas 330,72 Ha
Jumlah penduduk 41.038 jiwa

Jakasetia adalah kelurahan yang berada di kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat, Indonesia.

      Bahwa Kelurahan Jakasetia adalah salah satu kelurahan yang ada di Kecamatan Bekasi Selatan Kota Bekasi. Kelurahan Jakasetia merupakan pemekaran dari Kelurahan Jakasampurna (saat ini merupakan wilayah dari kecamatan Bekasi Barat) yang pada saat itu masih berbentuk Desa. Kelurahan Jakasetia berdiri sejak tahun 1981. 

Pada saat Kelurahan Jakasetia berdiri di tahun 1981 Lurah yang pertama menjabat adalah Bapak H. Abdul Rosid. Adapun Lurah-Lurah berikutnya yang pernah menjabat di Kelurahan Jakasetia antara lain : Chairul Anwar (tahun 2001 s.d. Tahun 2003) Margono (tahun 2002 s.d. Feb 2004) Tajudin (Februari 2004 s.d. Juli 2005) Nurtani (Juli 2005 s.d. Desember 2008) Dedy Supriadi (Desember 2008 s.d. Juni 2012) Deden Y. Septiana (Juni 2012 s.d. Agustus 2014) Hj. Mariana (Agustus 2014 s.d. Januari 2017) Dadang Sudrajad (Januari 2017)

Kelurahan Jakasetia merupakan bagian dari Kecamatan Bekasi Selatan. Merupakan Jalur Lintasan Warga dari bagian selatan Kota Bekasi ketika akan menuju pusat Pemerintahan Kota Bekasi. Kelurahan Jakasetia Merupakan Gerbang Masuk Kecamatan Bekasi Selatan dari arah Selatan, hal ini terjadi karena Kelurahan Jakasetia berbatasan langsung dengan Kecamatan Jati Asih.

LUAS WILAYAH Luas wilayah Kelurahan Jakasetia adalah 33.072 Ha, yang terbagi menjadi 20 RW dan 121 RT. Dapat digolongkan menjadi 2 kelompok utama, yaitu lingkungan perkampungan (RW.001, 002, 003, 017 & 018) dan Lingkungan Perumahan

SOSIOLOGI Masyarakat Kelurahan Jakasetia adalah masyarakat yang heterogen, membaur, saling bahu-membahu dalam suasana aman, nyaman dan kondusif. Suku Betawi sebagai penduduk asli dari Kelurahan Jakasetia dapat membaur dengan berbagai suku yang mendatangi dan berdomisili di Kelurahan ini. Keaneka ragaman suku penduduk Kelurahan Jakasetia ini terjadi karena banyaknya penrumahan-perumahan seperti Grand Galaxi City, Taman Galaxy Indah, Villa Galaxi, Mas Naga, Pondok Timur Mas, Villa Jakasetia, Jakakencana, Komplek Depnaker dan masih banyak lagi. Hingga saat ini Jakasetia terus berkembang menjadi wilayah yang maju dan modern, terlebih dengan berdirinya kawasan Grand Galaxi City yang merupakan kawasan hunian dan kawasan niaga modern baru di wilayah Kecamatan Bekasi Selatan. TOPOGRAFI Kelurahan Jakasetia merupakan daerah dataran rendah dengan kemiringan 0-2% dan ketinggian 0 – 25 m dari atas permukaan laut, sehingga menyebabkan pada beberapa titik sulit untuk membuang limpasan hujan dengan cepat. HIDROLOGI DAN KLIMATOLOGI Kondisi air tanah di wilayah Kelurahan Jakasetia cukup potensial untuk digunakan sebagai sumber air bersih. Sedangkan iklim di Kelurahan Jakasetia ini secara umum tergolong kering dengan tingkat kelembaban yang rendah. Kondisi sehari-hari cukup panas dengan kisaran temperatur 24 – 30 C.