Jacinto Zamora

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Jacinto Zamora
Jacinto Zamora y del Rosario
GerejaGereja Katolik
Informasi pribadi
Lahir(1835-08-14)14 Agustus 1835
Pandacan, Manila, Kaptensi Jenderal Filipina, Kekaisaran Spanyol
Wafat17 Februari 1872(1872-02-17) (umur 36)
Bagumbayan, Manila, Kaptensi Jenderal Filipina, Kekaisaran Spanyol
DenominasiKatolik Roma
Orang tuaVenancio Zamora
Hilaria Zamora (née del Rosario)

Jacinto Zamora y del Rosario (14 Agustus 1835 – 17 Februari 1872) adalah seorang pendeta Katolik Filipina, bagian dari Gomburza, trio pendeta yang dituduh melakukan pemberontakan oleh otoritas kolonial Spanyol di Filipina pada abad ke-19.

Masa muda[sunting | sunting sumber]

Lahir pada tanggal 14 Agustus 1835, dari pasangan Venancio Zamora dan Hilaria del Rosario, ia memulai pendidikan awalnya di Pandacan dan kemudian di Colegio de San Juan de Letran . Ia diklasifikasikan sebagai mestizo Filipina berdasarkan sistem kasta Spanyol yang berlaku saat itu.[1] Dia kemudian dipindahkan ke Universitas Santo Tomas setelah menyelesaikan Bachiller en Artes- nya. Zamora lulus pada 16 Maret 1858 dengan gelar Sarjana Kanonik dan Hukum Perdata. Dia menjadi siswa yang mempersiapkan diri untuk imamat di Seminari Manila.

Kehidupan pastoral[sunting | sunting sumber]

Setelah ditahbiskan, Zamora menangani paroki di Marikina, Pasig, dan Batangas. Ia juga ditugaskan mengelola Katedral Manila pada 3 Desember 1864.

Kematian[sunting | sunting sumber]

Situs eksekusi dan penanda Gomburza

Zamora punya kebiasaan bermain kartu setelah misa . Suatu kali, dia menerima undangan yang menyatakan bahwa temannya memiliki "Bubuk dan Amunisi"; dalam bahasa penjudi, “Bubuk dan Amunisi” berarti pemain tersebut mempunyai banyak uang untuk dipertaruhkan.[2] Undangan ini jatuh ke tangan orang-orang Spanyol — dan lebih buruk lagi, hal itu terjadi pada malam pemberontakan Cavite yang dipimpin oleh seorang tentara Filipina, Sersan. La Madrid. Undangan ini dijadikan bukti oleh pihak Spanyol untuk melawan Jacinto Zamora. Pengadilan menuduh mereka menghasut pemberontakan, meskipun buktinya tidak cukup. Mereka dinyatakan bersalah dan dijatuhi hukuman mati oleh garrote . Eksekusi dilakukan pada tanggal 17 Februari 1872 di Lapangan Bagumbayan Manila. Para saksi mengatakan bahwa Zamora mengalami disorientasi pada hari-hari terakhirnya. Alhasil, dia tidak memberikan kata-kata terakhirnya.

Dalam budaya populer[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Guerrero, León María. 1998. Something to Remember. The First Filipino. Guerrero Publishing.
  2. ^ Joaquin, Nicomedes 'Nick'. 2005. A Question of Heroes (7th printing, 2017), Anvil Publishing Inc., p. 20.
  3. ^ "Producer of historical film GomBurZa unveils cast". Manila Bulletin. February 16, 2023. Diakses tanggal October 21, 2023. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]