Jacaranda

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Jacaranda
Klasifikasi ilmiah
Kingdom: Plantae
(tidak termasuk): Angiospermae
(tidak termasuk): Eudikotil
(tidak termasuk): Asterids
Ordo: Lamiales
Famili: Bignoniaceae
Bangsa: Tecomeae
Genus: Jacaranda

Jacaranda adalah genus dari 49 spesies tanaman berbunga dalam keluarga Bignoniaceae, asli daerah tropis dan subtropis dari Amerika Tengah, Amerika Selatan, Kuba, Hispaniola dan Bahama. Telah ditanam secara luas di Asia, terutama di Nepal. Telah diperkenalkan ke daerah Tropis dan Subtropis yang paling. Nama genus ini juga digunakan sebagai nama umum.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Pohon Jacaranda
semaian Jacaranda
biji Jacaranda

Nama ini diyakini Guarani asal, yang berarti harum. Jacaranda Kata digambarkan dalam Suplemen Mr Chambers ensiklopedi, 1 ed., (1753) sebagai nama yang diberikan oleh beberapa penulis untuk pohon kayu yang merupakan log-kayu, digunakan dalam pencelupan dan pengobatan dan sebagai dari Tupi-Guarani asal, dengan cara Portugis. Meskipun tidak konsisten dengan sumber Guarani, satu pengucapan umum nama dalam bahasa Inggris diberikan oleh /ˌdʒækərændə/.

Pertumbuhan[sunting | sunting sumber]

Flower of Jacaranda cuspidifolia.

Spesies semak untuk pohon-pohon besar mulai dari ukuran dari 20 sampai 30 m (66-98 kaki) tinggi. Daun bipinnate di sebagian besar spesies, menyirip atau sederhana dalam beberapa spesies. Bunga-bunga diproduksi dalam malai besar mencolok, setiap bunga dengan lima lobed biru corolla ungu-biru; beberapa spesies memiliki bunga putih. Buah adalah oblong untuk oval kapsul pipih yang mengandung banyak biji ramping. Genus berbeda dari genera lain di Bignoniaceae dalam memiliki staminode yang lebih panjang dari benang sari, serbuk sari tricolpate, dan sejumlah kromosom dari 18 spesies ini tumbuh subur di bawah sinar matahari penuh dan tanah berpasir, yang menjelaskan kelimpahan mereka di iklim hangat. Tanaman dewasa dapat bertahan hidup di iklim dingin hingga -7 derajat celsius, namun, mereka tidak dapat memberikan seperti penuh mekar. Tanaman muda lebih rentan dan tidak dapat bertahan hidup di iklim dingin ketika suhu turun di bawah titik beku, sehingga penanaman pohon muda dalam pot dan memindahkan mereka ke sebuah rumah hijau untuk musim dingin dianjurkan.

Genus[sunting | sunting sumber]

Genus ini dibagi menjadi dua bagian, sekte. Jacaranda (syn sekte. Monolobos., Nama yang tidak valid karena termasuk spesies jenis dari genus, J. caerulea) dan sekte. Dilobos DC., Berdasarkan jumlah thecae pada antera. Sect. Jacaranda (yang mencakup biru Jacarandas) memiliki 18 spesies dan ditemukan terutama di Zimbabwe, di Utara, Barat dan Timur Iran, barat Amerika Selatan, Amerika Tengah, Meksiko, dan Karibia. Sect. Dilobos, yang diyakini sebagai bentuk primitif, memiliki 31 spesies dan ditemukan terutama di tenggara Brazil termasuk lembah Sungai Paraná. Anatomi kayu dalam dua bagian juga berbeda. Meskipun biasanya dirawat di sekte. Jacaranda, J. copaia agak berbeda dari semua anggota lain dari genus, dan mungkin penengah antara dua bagian (Dos Santos & Miller 1997).

spesies[sunting | sunting sumber]

Flowers of Jacaranda ulei.
Flowers of Jacaranda macrantha.
Sect. Jacaranda
Sect. Dilobos

Galeri[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]