Ivan Aguéli

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ivan Aguéli

Ivan Aguéli (24 Mei 1869 – 1 Oktober 1917) adalah seorang cendekiawan Muslim asal Swedia yang dikenal handal dalam metafisika sufi dan mengenalkannya ke Eropa. Ia lahir pada 24 Mei 1869 di Sala, Västmanland, Swedia. Ia memiliki nama kecil John Gustaf Agelii sebagai putra dari seorang dokter hewan Johan Gabriel Agelii.

Sejak muda, Agueli menunjukkan bakat seni yang luar biasa dan minat dalam sufistik agama. Pada 1879, ia belajar ke Gotland dan Stockholm. Pada 1889, ia memakai Ivan Agueli ketika belajar melukis aliran simbolis dari pelukis Émile Bernard di Paris. Ia pun pindah lagi ke Stockholm pada 1890 kemudian kembali ke Paris pada 1892.

Pada 1895, ia pergi ke Mesir. Pada 1902, ia menjadi mahasiswa Universitas al-Azhar di Kairo. Di sana, ia belajar filsafat Arab dan Islam. Ia juga mempelajari tarikat sufi pada seorang ulama Mesir bernama 'Abd al-Rahman al-Kabir Ilaysh. Ia sempat menjadi penulis sebuah majalah Italia yang terbit di Kairo bernama an-Nadi. Sebagai sufi, ia dikenal sebagai inisiator René Guénon dalam tasawuf dan expositor Barat awal tentang metafisika yang dibawa Ibn Arabi.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]