Pegar darah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Ithaginis cruentus)
Ithaginis cruentus
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Subfamili:
Genus:
Ithaginis

Wagler, 1832
Spesies:
I. cruentus
Nama binomial
Ithaginis cruentus
(Hardwicke, 1821)
Sinonim

Ithaginis cruentatus

Pegar darah adalah satu-satunya spesies dalam genus Ithaginis dari keluarga Phasianinae. Hewan tersebut merupakan hewan berukuran kecil dan berekor pendek yang menyebar di wilayah timur Himalaya, di sepanjang India, Nepal, Bhutan dan China.

Karakteristik[sunting | sunting sumber]

Pegar darah jantan memiliki kepala berwarna merah dan hitam dengan jambul berwarna keabu-abuan. Bagian atas tubuhnya berwarna abu-abu dengan garis putih. Bagian dada berwarna merah tua dan perutnya berwarna abu-abu dengan garis putih kehijauan. Sementara itu, bulu bagian bawah dan bagian pinggir dari ekornya berwarna merah tua[2].

Pegar darah betina ditandai dengan kepala yang berwarna coklat tua dan lebih kemerahan. Bagian tengkuknya berwarna abu-abu, dengan jambul yang relatif pendek[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2012). "Ithaginis cruentus". IUCN Red List of Threatened Species. Version 2013.2. International Union for Conservation of Nature. Diakses tanggal 26 November 2013. 
  2. ^ a b Robson, Craig (2020-02-06). Field Guide to the Birds of South-East Asia (dalam bahasa Inggris). Bloomsbury Publishing. hlm. 34. ISBN 978-1-4729-8139-4. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]