Tuna sirip hitam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tuna sirip hitam
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Subfamili:
Tribus:
Genus:
Subgenus:
Spesies:

Tuna sirip hitam (Thunnus atlanticus) adalah spesies ikan tuna terkecil dalam genus Thunnus, secara umum dapat tumbuh hingga mencapai ukuran maksimum panjang 100 sentimeter (39 in) dan berat 21 kilogram (46 pon). Tuna sirip hitam memiliki bentuk tubuh oval, punggung berwarna hitam, dengan sedikit rona kuning pada finlet (barisan sirip-sirip kecil tajam dekat ekor), serta rona kuning pada sisi tubuhnya. Tuna sirip hitam hanya dapat ditemukan di Samudra Atlantik bagian barat, dari Tanjung Cop hingga ke pesisir Brasil.

Tuna sirip hitam berburu ikan dan cumi-cumi baik di lingkungan epipelagik (permukaan) ataupun mesopelagik. Mangsanya termasuk golongan krustasea seperti udang, kepiting, amfipoda, stomatopoda, dan larva dekapoda.[2] Ikan ini adalah spesies yang berumur pendek, dan cepat tumbuh; tuna sirip hitam berumur 5 tahun dapat dianggap tua. Ikan ini mencapai kematangan seksual pada usia dua tahun, dan bertelur di lautan terbuka pada musim panas. Tuna sirip hitam adalah ikan yang menyukai iklim air laut yang hangat, mereka menyukai suhu air 68 °F (20 °C). Walaupun ikan ini berukuran kecil, mereka menebus kekurangan ini dengan berburu berkelompok dan gemar menggigit mangsa.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Collette, B., Amorim, A.F., Boustany, A., Carpenter, K.E., Dooley, J., de Oliveira Leite Jr., N., Fox, W., Fredou, F.L., Fritzsche, R., Graves, J., Viera Hazin, F.H., Juan Jorda, M., Kada, O., Minte Vera, C., Miyabe, N., Nelson, J., Nelson, R., Oxenford, H., Teixeira Lessa, R.P. & Pires Ferreira Travassos, P.E. (2011). "Thunnus atlanticus". IUCN Red List of Threatened Species. Version 2011.2. International Union for Conservation of Nature. Diakses tanggal 13 January 2012. 
  2. ^ "Thunnus atlanticus". FishBase. Ed. Ranier Froese and Daniel Pauly. November 2012 version. N.p.: FishBase, 2012.

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]