Jang Na-ra

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Jang Nara)

Jang Na-ra
Jang Na-ra 2021
Lahir18 Maret 1981 (umur 43)
Seoul, Korea Selatan
PendidikanChung-Ang University
Pekerjaan
Tahun aktif2001 – sekarang
Agen
  • Pure Entertainment
  • Rawon Culture
Tinggi163 cm (5 ft 4 in)
Suami/istri
(m. 2022)
Karier musik
GenreK-pop
Instrumen
Tahun aktif2001 – sekarang
Label
Situs webwww.narajjang.com
Nama Korea
Hangul
Hanja
Alih AksaraJang Na-ra
McCune–ReischauerChang Nara
Jang Na-ra
Hanzi tradisional: 張娜拉
Alih aksara
Mandarin
- Hanyu Pinyin: Zhāng Nàlā
Tanda tangan

Jang Na-ra (bahasa Korea: 장나라, lahir 18 Maret 1981) adalah penyanyi dan juga aktris asal Korea Selatan yang aktif di industri entertainment Korea Selatan dan China sejak 2001. Dia menjadi terkenal dengan album studio hit nya Sweet Dream pada tahun 2002.

Karier[sunting | sunting sumber]

Karier Musik[sunting | sunting sumber]

Jang Na-Ra memulai debutnya di dunia entertainment sebagai penyanyi pada Mei 2001. Dia memulai karier menyanyinya dengan menjadi trainee dan menandatangani kontrak dengan SM Entertainment.

Jang Na-Ra merilis album debutnya First Story dengan judul lagu Burying My Face In Tears. Awalnya, itu tidak diterima dengan baik dan hanya mencapai nomor 12 di tangga musik Korea. Setelah membintangi sitkom populer New Nonstop , ia menjadi lebih terkenal dan merilis lagu lain di album seperti lagu gaya balada popnya, Confession dan April Story , menduduki peringkat teratas di berbagai tangga musik. Album tersebut terjual 300.000 kopi . Jang Na-Ra kemudian menjadi pembawa acara musik MBC, Music Camp dan acara bincang-bincang KBS Love Story. Pada akhir 2001, dia menerima beberapa penghargaan .

Pada Oktober 2002, Jang Na-Ra merilis album keduanya Jjang Nara Vol.2 Sweet Dream. Lagu Sweet Dream menjadi sangat populer dan mencapai nomor 1 di tangga musik Korea, langsung menjadikan namanya di kenal oleh publik . Album ini juga menjadi salah satu album terlaris tahun itu di Korea Selatan. Karena kesuksesan Sweet Dream, Jang Na-Ra memenangkan beberapa penghargaan termasuk dua penghargaan Daesang atau Grand Prize (setara dengan Korean Top Artist of the Year ) dari MBC Music Festival dan KBS Music Awards. Dia juga menerima Korean Singer of the Year dari China CCTV-MTV Awards pada tahun 2003.

Pada bulan Desember 2003, Jang Na-Ra merilis album ketiganya berjudul 3rd Story yang mencakup lagu-lagu top I am a Woman Too dan Is That True ?.

Jang Na-Ra merilis Album Hits Terbaik pada tahun 2004 yang terdiri dari lagu-lagu dari 3 album sebelumnya. Dia mengikutinya dengan album ke-4 berjudul My Story yang dirilis pada Desember 2004, terdiri dari lagu-lagu hit seperti I Love School dan Winter Diary.

Dengan popularitasnya di China , ia juga berkarir di musik luar negeri dengan merilis album berbahasa Mandarin. Album China pertamanya sukses besar, menjadikannya artis asing pertama di China dengan lebih dari 1 juta kopi terjual. Ini diikuti oleh rilis dua album China, Kungfu (2005) dan Flying High (2006).

Dia kembali ke dunia musik Korea pada tahun 2007 dengan album Korea kelima berjudul She . Tahun berikutnya, dia merilis album multi-bahasa berjudul Dream of Asia, yang mencakup 26 lagu dalam 5 bahasa, termasuk Mandarin, Kanton, Korea, Jepang, dan Inggris. Jang Na-Ra mengadakan konser mini di Beijing untuk mempromosikan album tersebut. Selama Olimpiade Musim Panas Beijing 2008, Jang Na-Ra adalah satu-satunya penyanyi dari negara yang tidak berbahasa China yang tampil dalam lagu Olimpiade 2008 Beijing Welcomes You .

Pada tahun 2009, dia merilis duet dengan Jimmy Lin untuk soundtrack film mereka Flying With You. Lagu ini diproduksi oleh musisi Singapura terkenal JJ Lin. Pada tahun 2012, empat tahun setelah merilis Dream of Asia, Jang Na-Ra kembali ke dunia musik Korea dengan single digital I Only Think Of You. Pada tahun yang sama, ia merilis album China keempatnya, Love Journey.

Pada tanggal 20 Mei 2018, Jang Na-Ra membawakan Sweet Dream, I am a Woman Too, April Story di Sugar Man season 2, yang merupakan rating penonton tertinggi di antara semua program terestrial dan non-terestrial yang disiarkan pada waktu yang sama. Sweet Dream oleh Jang Na-ra menjadi video pertunjukan yang paling banyak dilihat di antara semua penyanyi Sugar Man.

Karier Akting[sunting | sunting sumber]

Jang Na-Ra juga memiliki karier akting yang sukses. Dia pertama kali muncul di sitkom TV MBC New Nonstop yang populer, dan mendapat perhatian karena citra imut nya.

Pada tahun 2002, Jang Na-Ra mendapatkan peran utama pertamanya dalam sebuah drama komedi romantis SBS Successful Story of a Bright Girl. Drama ini diterima dengan baik dan mencatat rating penonton yang tinggi. Dia memenangkan Penghargaan Aktris TV Baru Terbaik di Baeksang Arts Awards 2003. Keberhasilan drama dan lagu hitnya "Sweet Dream" meluncurkannya menjadi bintang di Korea Selatan tahun itu. Pada tahun yang sama, ia membintangi serial komedi romantis lainnya My Love Patzzi yang juga mencapai peringkat tinggi.

Pada tahun 2003, ia membuat debut filmnya di film Oh! Happy Day.

Pada tahun 2004, ia kembali ke layar kecil dan membintangi drama akhir pekan MBC Love Is All Around, diikuti oleh drama percintaan KBS Wedding. Wedding menetapkan Jang Na-Ra sebagai aktris, dan dia menerima pujian penonton untuk penggambarannya tentang pertumbuhan dan identitas wanita dalam pernikahan.

Pada tahun 2005, dengan popularitasnya yang meningkat di China , ia melakukan langkah berani dengan pindah ke China untuk memulai karier menyanyi dan aktingnya. Drama China mainstream pertamanya adalah My Bratty Princess. Keberhasilan My Bratty Princess melambungkannya sebagai hallyu atau bintang Korean Wave di China. Dia membuat beberapa serial drama lain di China yang meliputi Good Morning Shanghai pada 2007, Iron Masked Singer pada 2010, dan Unruly Qiao pada 2011.

Pada tahun 2009, ia kembali ke layar lebar dengan Sky and Ocean, memainkan pemain biola berbakat dengan usia mental 6 tahun, didiagnosis dengan sindrom Savant. Film ini mengalami kegagalan komersial, dan dikritik karena nominasi Jang Na-Ra yang tidak adil di Grand Bell Awards bahkan sebelum film tersebut dirilis. Namun, terlepas dari kontroversi, dia memenangkan Aktris Terbaik untuk Penghargaan Film Asing di China Golden Rooster dan Hundred Flowers Awards ke-19. Film ini juga menjadi film Asia pertama yang diundang ke Festival Film Internasional Tirana ke-8 di Albania, di mana ia memenangkan Media Award.

Pada Mei 2011, Jang Na-Ra membintangi komedi romantis KBS Baby Faced Beauty. Ini menandai kembalinya dia ke layar Korea setelah enam tahun. Serial ini rata-rata mendapat peringkat 10% selama penayangannya dan memenangkan ulasan yang disukai. Dia kemudian memenangkan Excellence Award untuk seorang Aktris dalam serial mini di KBS Drama Awards 2011.

Tahun berikutnya, dia membuat film China pertamanya Flying With You, yang dibintangi oleh penyanyi dan aktor Taiwan Jimmy Lin. Dia juga membuat penampilan cameo dalam film China lainnya yang dibintangi oleh Jaycee Chan berjudul Whoever. Pada tahun yang sama, ia tampil bersama ayahnya dalam sebuah drama China berjudul Race Course.

Pada bulan Desember 2012, Jang Na-Ra bersatu kembali dengan lawan mainnya Baby Faced Beauty Choi Daniel untuk drama remaja KBS School 2013. Dia menerima Excellence Award kedua berturut-turut untuk seorang Aktris dalam sebuah mini-seri di KBS Drama Awards 2012.

Setelah syuting untuk School 2013 selesai, Jang Na-Ra segera kembali ke China untuk syuting drama berjudul Red Palanquin.

Tahun 2014 terbukti menjadi tahun yang sibuk bagi Jang Na-ra, dengan tiga proyek TV di bawah jaringan MBC. Pada Juli 2014, Jang Na-Ra memainkan peran utama dalam You Are My Destiny, adaptasi Korea dari drama hit Taiwan 2008 Fated to Love You. Serial TV ini mempertemukannya kembali dengan Jang Hyuk 12 tahun setelah keduanya membintangi drama berperingkat tinggi Successful Story of a Bright Girl.

You Are My Destiny menjadi hit di China dan memperoleh 200 juta tontonan . Tak lama setelah itu, Jang Na-Ra membintangi drama satu episode khusus berjudul Old Farewell untuk MBC Drama Festival, memasangkannya sekali lagi dengan Jang Hyuk. Dia kemudian mengambil peran utama berlawanan dengan Shin Ha-kyun dalam drama fantasi-romantis-komedi Mr. Back. Dia kemudian memenangkan Top Excellence Award di 2014 MBC Drama Awards untuk kedua serial televisi yang dia bintangi pada tahun itu.

Pada 2015, Jang Na-Ra berperan sebagai detektif polisi dalam film thriller misteri Hello Monster . Pada tahun 2016, ia membintangi komedi romantis One More Happy Ending, memerankan mantan idola pop.

Pada tahun 2017, Jang Na-Ra berperan dalam drama fantasi romantis Confession Couple . Serial ini sukses, dan memenangkan pujian dari pemirsa. Dia juga memenangkan Excellence Award untuk Aktris dalam serial mini di KBS Drama Awards 2017.

Pada tahun 2018, Jang Na-Ra berperan dalam drama thriller misteri The Last Empress, memerankan aktris musikal yang menjadi Permaisuri raja zaman modern. Serial ini menerima peringkat tinggi dan dia dipuji atas penampilannya dengan berbagai aktingnya.

Pada tahun 2019, Jang Na-Ra kembali ke layar dengan drama misteri kantor VIP.

Pada tahun 2020, Jang Na-Ra membintangi drama komedi romantis Oh My Baby.

Pada tahun 2021, Jang Na-ra berperan dalam serial TV okultisme Sell Your Haunted House sebagai Hong Ji-ah, pemilik dari daebak realty (great real estate) dan seorang pengusir hantu yang ditayangkan di KBS2 pada bulan April.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Jang Na-ra berasal dari keluarga aktor. Ayahnya, Ju Ho-seong (nama asli Jang Yeon-kyo), adalah seorang aktor teater, produser, dan sutradara. Dia juga mengelola karir Jang Na-ra sejak debutnya. Jang Na-ra memiliki agensinya sendiri, Rawon Culture, yang didirikan oleh ayahnya. Kakak laki-laki nya , Jang Seung-won, juga seorang aktor dan CEO Rawon Culture. Sebagai seorang anak, Jang Na-ra menghabiskan masa kecilnya di kota kelahirannya Seoul. Jang Na-ra pernah muncul bersama ayahnya di serial yang berjudul "Les Miserables" pada waktu masih bersekolah dan setelah beradu akting bersama sang ayah, Jang pun tertarik untuk menjadi artis. Jang Na-ra kemudian menjadi bintang iklan televisi dibeberapa produk pada masa-masa SMA nya. setelah itu ia menjadi seorang mahasiswi di Universitas Chung-Ang pada bulan Maret 2000 dan mengambil jurusan teater pada fakultas seni rupa.

2002 adalah tahun Jang Na-Ra, dengan album terlaris, banyak dukungan dan acara TV berperingkat tinggi yang di genggam nya . Popularitasnya di seluruh Korea Selatan sangat besar, sering dijuluki sebagai Jang Na-ra Syndrome . Dan akhirnya, popularitasnya meluas sampai ke China dan negara Asia lainnya. Namun, beban kerjanya berdampak pada kesehatannya. Dia mengungkapkan dalam sebuah wawancara di Healing Camp bahwa dia menderita tukak lambung, sindrom iritasi usus besar, gangguan panik, bulimia, dan akrofobia karena stres dan tekanan hebat sebagai seorang selebriti. Dia juga menghentikan aktivitas menyanyinya pada tahun 2014 karena fobia panggung dan memfokuskan pekerjaannya pada dunia akting.

Jang Na-Ra juga dikenal karena penampilan awet mudanya dan telah mengungkapkan iman Kristen nya berkali-kali di SBS Drama Awards.

Pernikahan[sunting | sunting sumber]

Pada 3 Juni 2022, Jang Na-ra mengumumkan bahwa dia akan menikahi pacar non-selebritinya, yang enam tahun lebih muda darinya. Upacara pernikahan pribadi mereka akhirnya diadakan pada 26 Juni 2022.

Amal dan kegiatan lain nya[sunting | sunting sumber]

Jang Na-ra melakukan banyak pekerjaan amal seperti mengirimkan komoditas senilai 500 juta won dan susu bubuk senilai 200 juta won kepada anak-anak Korea Utara yang kelaparan. Dia juga mendirikan yayasan beasiswa Jang Na-ra senilai US$10,000 di Filipina. Dia juga bekerja dengan organisasi amal Food for the Hungry .

Dia menjabat sebagai utusan hubungan masyarakat untuk pemilihan yang adil dalam pemilihan presiden Korea Selatan 2002. Dia memperbarui komitmen ini saat dia terpilih sebagai salah satu duta kehormatan hubungan masyarakat untuk pemilihan presiden Korea Selatan 2017.

Pada tahun 2004, Jang Na-ra diangkat sebagai utusan hubungan masyarakat untuk China oleh Kedutaan Besar Republik Rakyat China di Korea Selatan.

Pada tahun 2007, dia mengadakan konser penggalangan dana untuk pasien anak leukemia di China . Yayasan Jang didirikan dari uang yang dikumpulkan selama pertemuan klub penggemar Jang Na-ra di konser 9 Juni di Beijing, yang diadakan untuk menandai tahun ke-15 hubungan diplomatik antara China dan Korea Selatan. Seribu dua ratus tiket kursi di tempat konser terjual habis lebih awal. Setelah konser di atas panggung, sebuah organisasi amal China menunjuk Jang Na-ra sebagai duta niat baik, menjadikannya orang asing pertama yang menerima kehormatan semacam itu. Pada tahun yang sama, ia ditunjuk sebagai salah satu duta besar untuk Tahun Pertukaran Pelajar China dan Korea Selatan

Setelah Gempa bumi Sichuan 2008 Jang Na-ra menyumbangkan 150.000 dolar kepada organisasi amal di China dan 8 miliar won pakaian untuk para korban.

Pada bulan Juni 2010, Jang Na-ra diangkat sebagai profesor di Universitas Huajia Beijing.

Pada tahun 2011, Jang Na-ra ditunjuk sebagai duta Seoul Gangnam-gu untuk mempromosikan pariwisata di daerah tersebut.

Jang Na-ra juga dikenal menyumbangkan bakatnya dalam menyanyi untuk kegiatan amal. Pada tahun 2013, ia merekam lagu kampanye TV berjudul “Nanoom Song” untuk Community Chest of Korea. Dia juga tampil dengan Jackie Chan di konser amalnya "Jackie Chan and his friends" pada 24 Juni 2006 di Nanjing, provinsi Jiangsu China.

Pada tahun 2017, terungkap bahwa Jang Na-ra diam-diam telah menyumbangkan lebih dari 13 miliar won atau hampir 12 juta dolar AS sejak debutnya pada tahun 2001 ke berbagai badan amal, bantuan bencana, dan organisasi akademik. Dia juga dikenal memiliki kasih sayang yang besar dengan hewan. Selain menyumbangkan uang ke tempat penampungan hewan, ia juga berpartisipasi dalam acara amal untuk perawatan hewan dan sukarelawan secara aktif seperti membersihkan tempat penampungan anjing yang sakit.

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Film[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Inggris Judul Asli Peran Catatan Ref.
2002 Help! I'm a Fish N/A Pengisi suara untuk sulih suara Korea [1]
2003 Oh! Happy Day 오! 해피데이 Kong Hee-ji
2007 Girl's Revolution 麻雀要革命 Film Tiongkok [2]
2009 Sky and Ocean 하늘과 바다 Ha-neul
2012 Flying With You 一起飞 He Qianqian / Baby Film Tiongkok
Whoever 愛誰誰 Yawen cameo
2015 Polaroid 폴라로이드 cameo [3]
2021 The Kindness of Strangers 타인의 친절 Narator - [4]

Drama[sunting | sunting sumber]

Tahun Jaringan asli Drama
2001 MBC Nonstop 2 (sitcom)
2002 SBS Successful Story of a Bright Girl
2002 MBC My Love Patzzi
2003 Hello! Balbari 헬로 발바리
2004 MBC Love is All Around 사랑을 할꺼야
2005 CCTV Diao Man Gong Zhu 刁蠻公主 (My Bratty Princess)
2005 KBS Wedding
2007 Chun Bai Zhi Lian 纯白之恋 (Good Morning Shanghai)
2010 Tie Mian Ge Nu 铁面歌女 (Iron Masked Singer)
2011 Diao Man Qiao Yu Yi 刁蛮俏御医 (Unruly Qiao)
2011 KBS Baby Faced Beauty
2013 KBS2 School 2013
2014 MBC Fated To Love You
2014 MBC Old Farewell 오래된 안녕 (1 episode - bagian dari MBC Drama Festival)
2014 MBC Mr. Back
2015 KBS2 Hello Monster
2016 MBC One More Happy Ending
2017 KBS2 Go Back Couple
2018 SBS The Last Empress
2019 SBS VIP
2020 tvN Oh My Baby
2021 KBS2 Sell Your Haunted House
2023 tvN Family: The Unbreakable Bond
2023 - 2024 TV Chosun My Happy End

Diskografi[sunting | sunting sumber]

  • The First Story (2001)
  • Sweet Dream (2002)
  • The Third Story (2003)
  • My Story (2004)
  • She (2007)

Penghargaan dan Nominasi[sunting | sunting sumber]

Tahun Penghargaan Kategori Karya yang dinominasikan Hasil Ref.
2001 Golden Disk Awards Best New Artist First Story Menang [5]
SBS Music Awards Menang [6]
MBC Music Awards Menang [7]
2002 Mnet Asian Music Awards Best Female Artist Sweet Dream Menang [8]
Special Jury Prize Nominasi
Mobile Popularity Award Menang
KBS Music Awards Grand Prize (Daesang) Menang [9]
MBC Music Awards Menang [10]
Most Popular Artist Menang
KMTV Korean Music Awards KMTV Award Menang [11]
Golden Disk Awards Main Prize (Bonsang) Menang [12]
Seoul Music Awards Menang [13]
KBS Entertainment Awards Best Newcomer in a Variety Show Menang [14]
SBS Drama Awards Top 10 Stars Successful Story of a Bright Girl Menang [15]
2003 Baeksang Arts Awards Best New Actress (TV) Menang [16]
CCTV-MTV Music Awards Korean Singer of the Year Menang [17]
Korea Advertisers Association Good Model Award N/A Menang [18]
2004 Commendation from the Secretary of Defense N/A Menang
Honorary Master's Degree from the Beijing Film Academy N/A Menang [19]
Mnet Asian Music Awards Best Female Artist Is That True? Nominasi
2005 China Golden Disk Awards Most Popular Singer Menang [20]
Asia-Pacific Music Chart Awards Asia's Best Female Singer Menang [21]
Award for Outstanding Contribution
to Korean-Chinese Cultural Exchange
N/A Menang [22]
Top 10 Golden Song Menang
Inter-Parliamentary Union Award for Social Service Recipient N/A Menang
2007 Chunsa Film Art Awards Hallyu Cultural Award N/A Menang [23]
2008 Asia Model Festival Awards Asia Star Award N/A Menang [24]
Culture Day Today's Young Artist Awards N/A Menang [25]
Seoul Tour Awards Best Korean Star Promoting Seoul Tourism N/A Menang [26]
2009 CSR Korea Awards Special Award (Individual) N/A Menang [27]
Grand Bell Awards Best Actress Sky and Ocean Nominasi
2010 19th China Golden Rooster and Hundred Flowers Awards Best Actress in a Foreign Film Menang [28]
2011 KBS Drama Awards Top Excellence Award, Actress Baby Faced Beauty Nominasi
Excellence Award, Actress in a Miniseries Menang [29]
2012 Top Excellence Award, Actress School 2013 Nominasi
Excellence Award, Actress in a Miniseries Menang [30]
2014 3rd APAN Star Awards Top Excellence Award, Actress in a Miniseries You Are My Destiny Nominasi
MBC Drama Awards You Are My Destiny, Mr. Back Menang [31]
Popularity Award, Actress Menang
Best Couple Award bersama Jang Hyuk You Are My Destiny Menang
2015 8th Korea Drama Awards Top Excellence Award, Actress Hello Monster Nominasi
2017 KBS Drama Awards Top Excellence Award, Actress Confession Couple Nominasi [32]
Excellence Award, Actress in a Miniseries Menang
Best Couple bersama Son Ho-jun Menang
Netizen Award - Female Nominasi
2018 23rd Chunsa Film Art Awards Special Achievement Award N/A Menang [33]
6th APAN Star Awards Excellence Award, Actress in a Miniseries Confession Couple Nominasi [34]
SBS Drama Awards Top Excellence Award, Actress in a Wednesday-Thursday Drama The Last Empress Menang [35]
2019 14th Seoul International Drama Awards Outstanding Korean Actress Menang [36]
SBS Drama Awards Top Excellence Award, Miniseries VIP Nominasi [37]
Producer Award Menang

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "장나라 출연「어머! 물고기가 됐어요」시사회 열려". Yonhap News (dalam bahasa Korea). June 27, 2002. 
  2. ^ "张娜拉再演明朗少女 与余文乐《情系浦江》(图)". Sina (dalam bahasa Tionghoa). September 1, 2006. 
  3. ^ "Jang Na-ra to star in father's film". The Korea Times. August 9, 2013. 
  4. ^ Kang Hyo-jin (October 12, 2021). "장나라,'담보' 감독과 '타인의 친절' 배리어프리 버전 재능기부" [Jang Nara, talent donation for the barrier-free version of 'The Kindness of Others' with the director of 'Security] (dalam bahasa Korea). SPOTV News. Diakses tanggal October 12, 2021 – via Naver. 
  5. ^ "골든디스크 대상에 그룹 god의 '길'". Yonhap News (dalam bahasa Korea). 14 December 2001. 
  6. ^ "성시경·장나라, '2001 가요대전' 신인상". JoongAng Ilbo (dalam bahasa Korea). 30 January 2002. 
  7. ^ "MBC '10대 가수 가요제' 수상자 선정". Yonhap News (dalam bahasa Korea). 21 December 2001. 
  8. ^ "보아,NO.1 뮤직비디오 인기상". KMIB (dalam bahasa Korea). 1 December 2002. 
  9. ^ "'KBS 2002 가요대상' 대상에 장나라". Yonhap News (dalam bahasa Korea). 31 December 2002. 
  10. ^ "'2002 MBC 10대가수 가요제' 대상에 장나라". Yonhap News (dalam bahasa Korea). 2 January 2003. 
  11. ^ "KMTV 코리안뮤직어워드 수상자 선정". Yonhap News (dalam bahasa Korea). 28 December 2002. 
  12. ^ "제17회 골든디스크상 대상에 그룹 쿨". Yonhap News (dalam bahasa Korea). 13 December 2002. 
  13. ^ "서울가요대상 최고 영예에 보아". Yonhap News (dalam bahasa Korea). 6 December 2002. 
  14. ^ "'2002 KBS 연예대상'에 개그맨 신동엽". Yonhap News (dalam bahasa Korea). 29 December 2003. 
  15. ^ "'2002 SBS 연기대상' 대상에 안재모". Yonhap News (dalam bahasa Korea). 1 January 2003. 
  16. ^ "백상예술대상에 「집으로…」「올인」". Yonhap News (dalam bahasa Korea). 26 March 2003. 
  17. ^ "Jang Nara's Sweet Dream Comes True". KBS World. 9 September 2003. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-06-25. Diakses tanggal 2022-06-03. 
  18. ^ "전국광고주대회 "기업 살아야 나라가 산다"". MK (dalam bahasa Korea). 1 October 2013. 
  19. ^ 장나라, 최고 대우로 중국 드라마 출연. Cine21 (dalam bahasa Korea). 11 September 2004. 
  20. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama china
  21. ^ "Jang Nara chosen best Asian singer". China Daily. 2 August 2005. 
  22. ^ "장나라, 中 '아ㆍ태 뮤직 어워드' 3관왕". Hankyung (dalam bahasa Korea). 31 July 2005. 
  23. ^ "이병헌 수애 '그 해 여름' 춘사대상영화제 5관왕 영예". edaily (dalam bahasa Korea). 14 September 2007. 
  24. ^ "아시아의 스타 '장나라'". Newsis (dalam bahasa Korea). 18 January 2008. 
  25. ^ "Bae Receives National Order of Culture Merit". The Korea Times. 19 October 2008. 
  26. ^ "Journalist Wins Award for Promoting Tourism". The Korea Times. 1 July 2008. 
  27. ^ "후지제록스, 환경보호 캠페인 1년 365일 실시". Financial News (dalam bahasa Korea). 23 June 2009. 
  28. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama golden
  29. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama kbs
  30. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama kbs2
  31. ^ "2014 MBC Drama Awards Winners". iMBC (dalam bahasa Korea). 
  32. ^ "KBS Drama Awards 2017: Kim Young Chul, Chun Ho Jin share grand prize; complete winners list". International Business Times. 1 January 2018. 
  33. ^ "주호성-장나라 부녀, 공로상 수상 "장미를 주었더니, 향기 남았더라" (2018 춘사영화제)". Star Daily News (dalam bahasa Korea). 18 May 2018. 
  34. ^ "이병헌·손예진·아이유 APAN스타어워즈 노미네이트". Star News (dalam bahasa Korea). 27 September 2018. 
  35. ^ "[SBS 연기대상] 감우성·김선아, 공동 대상..베스트 커플상까지(종합)". News1 (dalam bahasa Korea). 1 January 2019. 
  36. ^ "Awards honor the best in TV drama". Korea JoongAng Daily. August 30, 2019. 
  37. ^ Kim, Soo-hyung (January 1, 2020). "'열혈사제' 김남길, 대상으로 '8관왕' 기염‥'VIP' 장나라, 프로듀서상 (종합) [2019 SBS 연기대상]". Osen (dalam bahasa Korea). Naver. Diakses tanggal January 1, 2020. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]