International Cooperation Administration

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
United States International Cooperation Administration
Informasi lembaga
Dibentuk30 Juni 1955
Nomenklatur lembaga sebelumnya
  • Foreign Operations Administration (FOA)
Dibubarkan4 September 1961
Lembaga pengganti
Wilayah hukumUnited States Government
Kantor pusatWashington, D.C.
Lembaga bawahan
  • Institute of Inter-American Affairs

International Cooperation Administration disingkat ICA adalah suatu organisasi yang dibentuk berdasarkan Delegation of Authority Departemen Luar Negeri Amerika Serikat Nomor 85 tanggal 30 Juni 1955, sesuai Executive Order - EO Nomor 10610 tanggal 9 Mei 1955. Lembaga ini dibentuk untuk menggantikan United States Foreign Operations Administration (FOA). Kedua organisasi ini dibentuk untuk mengkoordinasikan operasi bantuan bagi negara asing dan melakukan semua program keamanan non-militer bagi Amerika Serikat. ICA kemudian dihapus berdasarkan Ketetapan Kongres Amerika Serikat pada tanggal 4 September 1961 (75 Stat. 446) dan semua fungsinya dipindahkan ke U.S. Agency for International Development.[1][1][1]

Organisasi[sunting | sunting sumber]

ICA terdiri atas beberapa bagian atau agensi yang diorganisasikan berdasarkan wilayah, termasuk di antaranya Institute of Inter-American Affairs.

Catatan sejarah[sunting | sunting sumber]

Dokumen[sunting | sunting sumber]

Catatan sejarah dari Office of Participant Training, termasuk yang berkaitan dengan organisasi pelatihan negara ketiga di Eropa (1951-1961) masih ada, seperti halnya US Mission untuk NATO dan European Regional Organizations (USRO) berkenaan dengan laporan pelatihan negara ketiga di Eropa (1956-1960).

Film[sunting | sunting sumber]

Laporan berupa film tentang beberapa contoh untuk bertahan hidup termasuk "Report to the American People on Technical Cooperation" (1955) yang menunjukkan bantuan Amerika Serikat ke Afganistan, Ekuador, Ethiopia, India, Indocina, Indonesia, Libya, Paraguay, Sudan, dan Thailand, dan "Strength for Peace" (1955), menggambarkan program bantuan militer Amerika Serikat dan kerjasama dengan Pakta Pertahanan Atlantik Utara, Southeast Treaty Organization dan negara-negara Rio Pact.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]