John Kerry: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Tidak ada ringkasan suntingan
Me iwan (bicara | kontrib)
k →‎Refensi: clean up template Link GA
Baris 23: Baris 23:
[[Kategori:Senator Amerika Serikat]]
[[Kategori:Senator Amerika Serikat]]
[[Kategori:Menteri Luar Negeri Amerika Serikat]]
[[Kategori:Menteri Luar Negeri Amerika Serikat]]
{{Link GA|ru}}
{{Link GA|de}}

Revisi per 11 Maret 2015 15.04

John Kerry

John Forbes Kerry (lahir 11 Desember 1943) adalah senator dari Massachusetts dan calon Democratic untuk jabatan presiden pada 2004. Ia kalah dengan George Walker Bush. Ia telah menjadi senator selama 20 tahun, dan ia juga telah menjabat sebagai letnan gubernur Massachusetts di bawah Michael Dukakis pada 1983 - 1985.

Pada 1 Februari 2013, ia ditunjuk sebagai Menteri Luar Negeri AS, menggantikan Hillary Rodham Clinton. Pencalonan dirinya menguat setelah duta besar AS untuk PBB , Susan Rice, mundur dari bursa calon karena mendapat tekanan kritik dari Republik dalam isu serangan mematikan konsulat AS di Benghazi, Libia, September lalu [1][2].

Keluarga

John Kerry menikahi Julia Thorne pada 1970 dan dikaruniahi 2 anak perempuan Alexandra dan Vanessa, namun karena depresi, mereka bercerai pada 25 Juli 1988. Setalah hampir 7 tahun, ia menikah lagi dengan Teresa Simões-Ferreira Heinz seorang janda dari Senator Pennsylvania, H. John Heinz III pada 26 Mei 1995. Dari pernikahan sebelumnya Teresa memiliki 3 anak laki H. John Heinz IV, André Heinz dan Christopher Heinz.

Kampanye kepresidenan

Calon wakil presiden Kerry adalah John Edwards. Tiket itu kalah dalam pemilu.

John Kerry saat diambil sumpah menjadi Menteri Luar Negeri AS ke-68

Refensi