Bintara: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
EmausBot (bicara | kontrib)
k Bot: Migrasi 28 pranala interwiki, karena telah disediakan oleh Wikidata pada item d:Q158950
Arif putra 2302 (bicara | kontrib)
Tidak ada ringkasan suntingan
Baris 2: Baris 2:


'''Bintara''' adalah golongan pangkat [[TNI|ketentaraan]] dan [[Polri|kepolisian]] yang lebih rendah dari [[Letnan Dua]] / [[Inspektur Polisi Dua]], dan lebih tinggi dari [[Kopral Kepala]] / [[Ajun Brigadir Polisi]].
'''Bintara''' adalah golongan pangkat [[TNI|ketentaraan]] dan [[Polri|kepolisian]] yang lebih rendah dari [[Letnan Dua]] / [[Inspektur Polisi Dua]], dan lebih tinggi dari [[Kopral Kepala]] / [[Ajun Brigadir Polisi]].
<ref name="Kamus Besar">''Kamus Besar [[Bahasa Indonesia]]''. [[Jakarta]]: Balai Pustaka, [[1994]]. ISBN 979-407-182-X.</ref>
<ref name="Kamus Besar">''Kamus Besar [[Bahasa Indonesia]]''. [[Jakarta]]: Balai Pustaka, [[1994]]. ISBN 979-407-182-X.</ref> Bintara merupakan tulang punggung Kesatuan atau sebagai penghubung antara Perwira dengan Tamtama atau sebaliknya.


== Pembagian bintara ==
== Pembagian bintara ==
Bintara terbagi dua yaitu:
Bintara terbagi dua yaitu:
# '''Bintara Tinggi'''{{br}}merupakan golongan calon perwira di [[TNI]] dan [[Polri]], pangkat ini sepadan dengan [[w:Warrant Officer|Warrant Officer]] di negara-negara lain.
# '''Bintara Tinggi'''{{br}}merupakan golongan calon perwira di [[TNI]] (''Pembantu Letnan Dua dan Pembantu Letnan Satu'') dan [[Polri]] (''Ajun Inspektur Polisi Dua dan Ajun Inspektur Polisi Satu''), pangkat ini sepadan dengan [[w:Warrant Officer|Warrant Officer]] di negara-negara lain.
# '''Bintara'''{{br}}merupakan golongan pangkat ''Sersan'' di [[TNI]] dan ''Brigadir'' di [[Polri]]. Di negara lain sepadan dengan [[w:Specialist (rank)|Specialist]] atau [[w:Non-commisioned officer|Non-commisioned officer]].
# '''Bintara'''{{br}}merupakan golongan pangkat ''Sersan'' di [[TNI]] (''Sersan Dua sampai Sersan Mayor'') dan ''Brigadir'' di [[Polri]] (''Brigadir Polisi Dua sampai Brigadir Polisi Kepala''). Di negara lain sepadan dengan [[w:Specialist (rank)|Specialist]] atau [[w:Non-commisioned officer|Non-commisioned officer]].


== Lihat pula ==
== Lihat pula ==

Revisi per 5 Maret 2015 16.15

Bintara adalah golongan pangkat ketentaraan dan kepolisian yang lebih rendah dari Letnan Dua / Inspektur Polisi Dua, dan lebih tinggi dari Kopral Kepala / Ajun Brigadir Polisi. [1] Bintara merupakan tulang punggung Kesatuan atau sebagai penghubung antara Perwira dengan Tamtama atau sebaliknya.

Pembagian bintara

Bintara terbagi dua yaitu:

  1. Bintara Tinggi
    merupakan golongan calon perwira di TNI (Pembantu Letnan Dua dan Pembantu Letnan Satu) dan Polri (Ajun Inspektur Polisi Dua dan Ajun Inspektur Polisi Satu), pangkat ini sepadan dengan Warrant Officer di negara-negara lain.
  2. Bintara
    merupakan golongan pangkat Sersan di TNI (Sersan Dua sampai Sersan Mayor) dan Brigadir di Polri (Brigadir Polisi Dua sampai Brigadir Polisi Kepala). Di negara lain sepadan dengan Specialist atau Non-commisioned officer.

Lihat pula

Referensi

  1. ^ Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 1994. ISBN 979-407-182-X.