Wikipedia:Pengembali revisi: Perbedaan revisi

Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
k (Bot: Migrasi pranala interwiki, karena telah disediakan oleh Wikidata pada item d:q5148465)
:* <span style="color:#0645c8">21:49, 2 September 2010</span> (<span style="color:#0645c8">skr</span> | <span style="color:#0645c8"> sebelum</span>) <span style="color:#0645c8">Wikipedia:Rollback</span> ''(ini adalah contoh)'' [<span style="color:#0645c8">kembalikan</span>]
 
Mengklik salah satu pranala ini memulihk
Mengklik salah satu pranala ini memulihkan halaman ke revisi terakhir yang ''tidak'' dibuat oleh penyunting revisi. Ini muncul pada riwayat halaman dengan ringkasan generik yang terlihat seperti ini:
 
: &nbsp;&nbsp;<abbr class="minor" title="{{MediaWiki:recentchanges-label-minor}}">{{MediaWiki:Minoreditletter}}</abbr> ''Pengembalian suntingan oleh [[Istimewa:Contributions/User A|Pengguna A]] ([[User talk:Pengguna A|bicara]]) dikembalikan ke versi terakhir oleh Pengguna B.
 
Pranala ke riwayat kontribusi pengguna yang dikembalikan juga diberikan, sehingga seorang "pengembali revisi" ({{lang-en|rollback}}) dapat memeriksa perubahan-perubahan revisi dengan mudah untuk suntingan lebih lanjut yang bermasalah.
 
;Catatan
* Pranala ''rollback'' hanya muncul di samping versi terakhir dari sebuah halaman.
* Bila halaman tersebut disunting lagi sebelum pengembali revisi sempat mengklik pranala ''rollback'', maka ia akan mendapatkan pesan kesalahan.
* Pengembali revisi tidak dapat memilih revisi yang akan dikembalikan. Versi yang dipulihkan/dikembalikan adalah versi yang ''tidak'' dibuat oleh penyunting revisi terakhir. Versi ini juga mungkin bermasalah, jadi harus berhati-hati dan memeriksanya dengan teliti.
* Bila ada beberapa suntingan berturut-turut ke suatu halaman oleh penyunting yang sama, semuanya akan dibalikkan. Bila hendak membatalkan sebagian saja, pengembali revisi harus membalikkan perubahan tersebut secara manual.
* Pengembalian tidak dapat dilakukan pada halaman yang hanya disunting oleh satu orang.
* Pengembalian langsung dilakukan, dalam artian tidak ada konfirmasi atau pratinjauan terlebih dahulu. Namun pengembali revisi dapat melihat perubahan yang baru dilakukannya.
* ''Rollback'' selalu ditandai sebagai [[Bantuan:Suntingan kecil|suntingan kecil]].
 
== Kelebihan dan kekurangan ==
5

suntingan

Menu navigasi