Mandar dengkur: Perbedaan revisi

Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
174 bita dihapus ,  7 tahun yang lalu
bukan lambang daerah
(koreksi endemik mandar dengkur)
(bukan lambang daerah)
| binomial_authority = ([[August Wilhelm Heinrich Blasius|Blasius]], 1886)
}}
'''''Mandar dengkur''''' ({{lang-la|Aramidopsis plateni}}) adalah burung yang endemik [[Sulawesi]] dan merupakan [[Daftar fauna identitas provinsi di Indonesia|fauna identitas provinsi]] [[Sulawesi Barat]]. Burung ini rentan terhadap ke[[punah]]an.
 
== Deskripsi Badan dan Suara ==
== Kebiasaan ==
Hidup berpasangan atau berkelompok dalam jumlah kecil. Sangat mencolok ketika terbang, dengan kepakan sayap yang cepat dan kuat diselingi gerakan melayang serta saling meneriaki. Bila sedang bersuara dari tempat bertengger, jambul ditegakkan lalu diturunkan. Jenis ini tertekan dengan ledakan populasi yang mengejutkan selama 10-15 tahun terakhir, akibat penangkapan yang berlebihan untuk perdagangan burung dalam sangkar, dan sekarang langka akibat kegiatan ini. Menghuni hutan primer dan sekunder yang tinggi dan tepi hutan; juga hutan monsun (Nusa Tenggara), hutan yang tinggi bersemak, semak yang pohonnya jarang dan lahan budidaya yang pohonnya jarang<ref>[http://www.scribd.com/doc/34476620/Burung-terancam-punah Burung terancam punah]</ref>.
 
== Lambang Daerah ==
Mandar dengkur digunakan sebagai lambang daerah Sulawesi Barat<ref>[http://mediaanakindonesia.wordpress.com/2011/11/07/inilah-daftar-nama-lambang-binatang-tiap-propinsi-di-indonesia/ Inilah daftar Nama Lambang binatang Tiap Propinsi di Indonesia]</ref>.
 
== Makanan ==
2.618

suntingan

Menu navigasi