Kassel: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Eva Tobing (bicara | kontrib)
Eva Tobing (bicara | kontrib)
Tidak ada ringkasan suntingan
Baris 49: Baris 49:
|}
|}
'''Kassel''' (dilafalkan: {{IPA|ˈkasəl}}; sampai tahun [[1926]] secara resmi ''Cassel'') adalah kota terbesar di [[Hessen]] bagian utara, [[Jerman]]. Kassel berada di [[Sungai Fulda]], salah satu [[sungai]] yang membentuk [[sungai Weser]]. Kota ini merupakan [[ibukota]] [[Regierungsbezirk Kassel]] dan juga [[Kassel (distrik)|distrik yang bernama sama]]. Sejak tahun [[1971]], Kassel sudah memiliki sebuah [[Universitas Kassel|perguruan tinggi]].
'''Kassel''' (dilafalkan: {{IPA|ˈkasəl}}; sampai tahun [[1926]] secara resmi ''Cassel'') adalah kota terbesar di [[Hessen]] bagian utara, [[Jerman]]. Kassel berada di [[Sungai Fulda]], salah satu [[sungai]] yang membentuk [[sungai Weser]]. Kota ini merupakan [[ibukota]] [[Regierungsbezirk Kassel]] dan juga [[Kassel (distrik)|distrik yang bernama sama]]. Sejak tahun [[1971]], Kassel sudah memiliki sebuah [[Universitas Kassel|perguruan tinggi]].

Kassel (sampai tahun 1926 bernama Cassel) adalah kota mahasiswa, merupakan satu-satunya kota besar di North Hessen dan kota ketiga terbesar di Landes Hessen setelah Frankfurt am Main dan Wiesbaden.

Tahun 1277 sampai 1866 Kassel adalah Ibukota Hessen. Dan sekarang kota ini merupakan ibukota Regierungsbezirk Kassel dan juga distrik dengan nama yang sama.

Secara internasional Kassel terkenal, terutama karena letaknya di kedua sisi Sungai Fulda dan Wilhelmshöhe Mount Park (Bergpark Wilhelmshöhe) dengan air mancurnya (Kasseler Wasserspielen) di Habichtswald, dan sejak tahun 1955 setiap 5 tahun sekali di kota ini diadakan Kunstausstellung Documenta, sebuah Pameran Seni terbesar di Jerman. Oleh karena itu, sejak Maret 199 Kassel dijuluki sebagai "Documenta-Stadt" atau Kota Documenta.

Karena pada tahun 1899 jumlah penduduk di Kassel sudah sampai mencapai batas 100.000 orang, karena itu disebut sebagai kota besar. Sampai Desember 2009 jumlah penduduk Kassel adalah 194.774 orang.


'''Daftar Isi'''

# [[Geografi]]
# [[Gambaran Kota]]
# [[Sejarah]]
# [[Politik]]
# [[Perekenomian dan Infrastruktur]]
# [[Tourismus]]
# [[Olahraga]]

== Geografi ==
Kassel terletak sekitar 70 km barat laut dari titik tengah Jerman. Setelah Erfurt dan Goettingen, Kassel adalah kota besar yang terletak di tengah-tengah Jerman. Kota ini terletak di utara Propinsi Hessen, dekat dengan perbatasan Propinsi Niedersachsen yang dikenal dengan nama Kasseler Basin, terutama antara Karlsaue dan Fuldaaue merupakan dataran yang sungai Fulda yang luas. Kasseler Basin merupakan bagian dari Westhessichen Senke yang merupakan bagian dari Zona Mittelmeer-Mjösen.

Di cekungan inilah kota Kassel dibatasi hutan-hutan dataran tinggi. Di sebelah Barat Daya terdapat Langenbergen, bagian barat hutan Hohen Habichtswald, di sebelah selatan sampai timur laut adalah kaki bukit hutan Reinhardswaldes, hutan Kaufunger Wald di sebelah timur dan Söhre di sebelah tenggara dan selatan.

Iklim di Kassel - sering kali berbeda dengan ramalan cuaca - relatif lebih sejuk dan hangat. Dikarenakan terletak di daerah cekungan dan hutan dataran tinggi, kota ini terlindungi dari cuaca buruk dan di musim panas daerah-daerah perkotaan yang lebih rendah mempunyai perbedaan suhu 3°C - 5°C lebih tinggi daripada di daerah-daerah pinggirannya.

Batas kota Kassel adalah Baunatal, Vellmar, daerah komunal Niestetal, Fuldatal, Fuldabrück, Kaufungen dan Lohfelden.

Kassel dilalui oleh 3 jalan tol (Autobahn), yaitu A7, A44 dan A49; juga dilalui oleh 5 jalan negara (Bundesstrassen),dan jalur KA utama (Jalur [[ICE]]), juga tidak jauh dari Kassel terdapat Airport Kassel-Calden di di kota komunal Calden.

Kota besar berikutnya - diukur dari jarak udara/jarak jalan - adalah kota Hannover (sekitar 120/164 km sebelah utara) dan Goettingen (sekitar 40/55 sebelah timur laut) di Propinsi Niedersachsen, kota Erfurt (sekitar 115/185 km sebelah timur) di Propinsi Thueringen, kota Frankfurt (sekitar 150/194 Km sebelah selatan) dan Siegen (sekitar 115/165 km sebelah barat daya) di Propinsi Hessen, kota Hamm (sekitar 122/153 km di sebelah barat, Dortmund (sekitar 145/165 km sebelah barat) dan Padeborn (sekitar 70/84 km sebelah barat laut Kassel) di propinsi Nordhein-Westfalen.


== Gambaran Kota ==
Gambaran pusat kota Kassel adalah khas arsitektur tahun 1950-an. Hal ini disebabkan rekonstruksi ulang kota akibat serangan bom Inggris pada masa Perang Dunia II yang menyebabkan bangunan-bangunan kota ini hancur dan hanya sedikit bangunan bersejarah yang bertahan. Tidak seperti di kota-kota lainnya di Jerman yang juga hancur, pembangunan ulang kota Kassel tidak dibangun seperti gambaran kota tuanya. Sisa-sisa bangunan bersejarah banyak yang dibongkar. Desain kota didasarkan pada pedoman yang luas dari taman kota. Selain itu, pembangunan difokuskan pada optimalisasi lalu lintas mobil sampai ke pusat kota. Pada tanggal 9 November 1953 dibukalah jalan Treppenstrasse, dimana merupakan zone pejalan kaki pertama di Jerman.

Berbeda dengan daerah perkotaan yang lain, di tengah kota Kassel masih banyak terdapat area-area hijau. Di beberapa lokasi banyak terdapat pohon-pohon Eichen (pohon Ek), antara tahun 1982-1987 yang oleh seniman Joseph Beuys melalui motto "7.000 Pohon Oak - Penghutanan Kota bukan Administrasi Kota" („7.000 Eichen – Stadtverwaldung statt Stadtverwaltung“) ditanami pohon Oak di sepanjang jalan.

Titik terendah Kassel terletak di utara Fuldatal, 132.9 m di atas permukaan laut. Pusat kota Kassel sendiri, misalnya Königsplatz terletak 163 m di atas permukaan laut, dan Rathaus terletak 169 m di atas permukaan laut. Kastil Wilhelmshöhe berada 285 m di atas permukaan laut. Titik tertingi kota Kassel adalah di daerah hutan Habichtswald am Hohen Gras, sekitar 615 m di atas permukaan laut. Bangunan tertinggi di Kassel adalah menara tua lonceng gereja Lutherkirche (76m), Herkules (70,5 m) dan Menara-Kembar gereja Martinskirche (69 m).


== Sejarah ==
Pada tahun 1150 daerah kerajaan Franken, yang bernama Chassella - dimana nama kota Kassel berasal - diperluas menjadi daerah tempat tinggal fränkischen Hessengaus yang bernama Gudensberg. Tahun 1189 untuk pertama kalinya Kassel disebut sebagai kota dalam artian modern seperti sekarang ini.

1239 erneuert Landgraf Hermann II. der Jüngere von Thüringen einige Stadtrechte [3], und 1277 wird Kassel Hauptresidenz des hessischen Landgrafen Heinrich I. der neugeschaffenen Landgrafschaft Hessen. Seitdem ist die Stadtgeschichte eng verflochten mit den Geschicken der hessischen Regenten. Anfang des 16. Jahrhunderts entwickelte sich Landgraf Philipp zu einem wichtigen Protagonisten der Reformation. Entscheidend prägte Landgraf Karl das Stadtbild ab 1700 durch seine ambitionierten barocken Bauprojekte, wie die Karlsaue oder den Herkules. Im Siebenjährigen Krieg wechselte die Stadt mehrfach zwischen britisch-deutschen Alliierten und Franzosen, die auf Seiten der habsburgischen Kaiserin kämpften.

Tak lama setelah Landgraf von Hessen-Kassel terpilih pada tahun 1803, tentara Napoleon kemudian menduduki kota Kassel dari tahun 1806 - 1813 dan menjadikan Kassel sebagai Ibukota Kerajaan Westfalen dan tempat tinggal Jérôme, saudara laki-laki Napoleon.

Antara tahun 1920 dan 1925 Philipp Scheidemann menjadi walikota Kassel.

Malam tanggal 7 November 1938, 2 hari sebelum sejarah Novemberporgrome (Night of Broken Glass atau Kristalnacht) terukir di jerman, gereja-gereja kaum Yahudi dan lembaga-lembaga Yahudi lainnya di Kassel dihancurkan.

Selama Perang Dunia II banyak bangunan-bangunan kota yang hancur, bahkan korban manusia pun berjatuhan. Bombardir terbesar di kota ini terjadi pada tanggal 22 Oktober 1943 malam. Pada malam itu meninggal lebih dari 10.000 orang di Kassel dan 80% rumah-rumah tinggal hancur. Karena Kassel, terutama daerah kota tuanya, adalah satu dari kota-kota di jerman yang memiliki banyak Fachwerkhäusern (rumah-rumah kayu khas Jerman), menjadi tujuan yang sempurna dari Inggris untuk menunjukkan Moral-Bombing-Offensive nya terhadap Jerman.

=== Pertumbuhan Penduduk ===
Tahun 1899 jumlah penduduk kota Kassel mencapai batas 100.000 orang, dimana pada masa itu dinamakan sebagai kota besar. Sampai tahun 1939 jumlah penduduk Kassel meningkat sampai 2x lipat menjadi 219.000 penduduk. Akhir Juni 2005 jumlah penduduk menurun menjadi 194.176 orang. Kantor Perencanaan Kota Kassel menghitung bahwa sampai 2020 jumlah penduduk Kassel akan menurun menjadi 175.000 orang.

=== Penduduk Asing ===
Di Kassel tinggal sekitar 23.300 orang asing (data statistik tahun 2005). Hal ini berarti sekitar 12,2 % dari total jumlah penduduk Kassel. Distribusi tempat tinggal orang asing sangat berbeda. Di daerah Jungfernkopf tinggal sekitar 3,9% orang asing, sedangkan di Nordstad tinggal sampai 35,9 orang asing.


== Perekonomian dan Infrastruktur ==

Sejak tahun 1900 sudah terdapat banyak industri-industri di bidang teknik mesin, terutama konstruksi lokomotif, gerbong kereta dan kendaraan berikut peralatan perang berlapis baja. Misalnya: Henschel-Werke, Wegmann, Credé, Gerhard-Fieseler-Werke, Junkers (Motorenbau Werk Kassel). Bombardier; Komponen-komponen dari Transrapid dibuat di Kassel. Tahun 1935 pernah terdapat produksi sutra buatan di kotan ini (Spinnfaser AG).

Kassel termasuk terlambat menjadi kota industri (mulai sekitar tahun 1890) dan sejak tahun 1970-an Kassel kehilangan artinya sebagai kota industri besar. Namun demikian, di Kassel terdapat perusahaan-perusahaan yang besar, seperti perusahaan minyak Wintershall, perusahaan gas bumi Wingas dan perusahaan K+S sebagai produsen Kalium dan Garam terbesar di Jerman. Bahkan Pabrik Mobil Volkswagen terdapat juga di Kassel, tepatnya di kota Baunatal.
Nama-nama Institut, organisasi dan perusahaan lain di bidang renewable energy dan efisiensi energi membuat Kassel menjadi kota yang cukup penting di Jerman. Misalnya ISET (Institut für Solare Energieversorgungstechnik), ZUB (Zentrum für Umweltbewusstes Bauen e. V.), GRE (Gesellschaft für Rationelle Energieverwendung) dan deENet (Kompetenznetzwerk Dezentrale Energietechnologien).
SMA Solar Technology sebagai perusahaan terbesar di bidang Photovoltaik juga tedapat di Kassel.

Tingkat pengangguran di Kassel menurut data statistik Agustus 2010 adalah 10,3%.


== Kota kembar ==
== Kota kembar ==

Revisi per 18 Mei 2011 15.08

Lambang Peta
Lambang Kassel Lokasi Kassel di Jerman
Data dasar
Negara bagian: Hessen
Regierungsbezirk: Kassel
Status: Distrik kota
Wilayah: 106,79 km²
Penduduk: 199.173 (April 2006)
Jumlah warga asing: 12,2 % (Januar 2006)
Kepadatan penduduk: ~ 1.812 jiwa per km²
Pengangguran: 16,7 %
Ketinggian di atas permukaan laut: 132,9 m (lembah sungai Fulda utara)
166 m (pusat kota)
615 m (Hohes Gras)
Kode pos: 34001–34134 (lama: 3500)
Kode telepon: 0561
Nomor pelat kendaraan bermotor: KS
Pembagian administratif: 23 bagian kota
Alamat
balaikota:
Obere Königsstraße 8
34117 Kassel
Situs web resmi: www.stadt-kassel.de
Alamat e-mail: info@stadt-kassel.de
Politik
Walikota: Bertram Hilgen (SPD)
Regierende Parteien: SPD

Kassel (dilafalkan: ˈkasəl; sampai tahun 1926 secara resmi Cassel) adalah kota terbesar di Hessen bagian utara, Jerman. Kassel berada di Sungai Fulda, salah satu sungai yang membentuk sungai Weser. Kota ini merupakan ibukota Regierungsbezirk Kassel dan juga distrik yang bernama sama. Sejak tahun 1971, Kassel sudah memiliki sebuah perguruan tinggi.

Kota kembar