BeliMobilGue: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Tidak ada ringkasan suntingan
Tag: Suntingan perangkat seluler Suntingan peramban seluler
Baris 5: Baris 5:


== Sejarah ==
== Sejarah ==
Pada [[2016]], Rolf Monteiro, yang sebelumnya memimpin LivingSocial Indonesia dan iCar Indonesia, melakukan penelitian tentang industri otomotif di beberapa pasar di Asia Tenggara.
Pada [[2016]], Rolf Monteiro, yang sebelumnya memimpin LivingSocial Indonesia dan iCar Indonesia, melakukan penelitian tentang industri otomotif di beberapa pasar di Asia Tenggara.{{fact}}


Ia melihat bahwa meskipun teknologi telah terintegrasi dalam banyak aspek kehidupan masyarakat saat ini, menjual mobil masih merupakan proses yang kebanyakan dilakukan secara langsung ''([[offline]])'', memerlukan banyak waktu, rumit dan tidak terjamin keamanannya. Di sisi lain, ia melihat bahwa pasar mobil bekas Indonesia memiliki potensi yang sangat besar.
Ia melihat bahwa meskipun teknologi telah terintegrasi dalam banyak aspek kehidupan masyarakat saat ini, menjual mobil masih merupakan proses yang kebanyakan dilakukan secara langsung ''([[offline]])'', memerlukan banyak waktu, rumit dan tidak terjamin keamanannya. Di sisi lain, ia melihat bahwa pasar mobil bekas Indonesia memiliki potensi yang sangat besar.

Revisi per 20 Juni 2019 05.53

BeliMobilGue.co.id
Berkas:Logo BeliMobilGue.co.id.jpg
Logo BeliMobilGue.co.id
URLwww.belimobilgue.co.id
TipeSitus web
Perdagangan
Otomotif
Bersifat komersial?Ya
BahasaIndonesia
PemilikFrontier Car South East Asia
PembuatRolf Monteiro
Renee van Haaren
Alexander Alvin
Faisal Aswar
Margareth Shirley
Berdiri sejakApril 2017

BeliMobilGue.co.id adalah situs jasa penjualan mobil bekas secara online di Indonesia.[1]

BeliMobilGue.co.id diluncurkan oleh Rolf Monteiro dan tim pendiri (co-founders) yang terdiri dari Alexander Alvin, Margareth Shirley, Faisal Aswar dan Renee van Haaren pada April 2017.[2]

Sejarah

Pada 2016, Rolf Monteiro, yang sebelumnya memimpin LivingSocial Indonesia dan iCar Indonesia, melakukan penelitian tentang industri otomotif di beberapa pasar di Asia Tenggara.[butuh rujukan]

Ia melihat bahwa meskipun teknologi telah terintegrasi dalam banyak aspek kehidupan masyarakat saat ini, menjual mobil masih merupakan proses yang kebanyakan dilakukan secara langsung (offline), memerlukan banyak waktu, rumit dan tidak terjamin keamanannya. Di sisi lain, ia melihat bahwa pasar mobil bekas Indonesia memiliki potensi yang sangat besar.

Rolf Monteiro bersama dengan Frontier Car Group dan Intudo Ventures kemudian mendirikan perusahaan induk Frontier Car Southeast Asia di Singapura. Pada April 2017, Rolf Monteiro bersama empat orang rekannya mendirikan PT Mobil Laku Indonesia, di mana BeliMobilGue.co.id serta Redicar.co.id beroperasi di bawah naungannya.

BeliMobilGue.co.id menawarkan kepada masyarakat cara yang cepat, mudah dan aman untuk menjual mobil hanya dalam 1 jam. Sementara itu, RediCar.co.id menawarkan dealer mobil bekas dan pebisnis mobil bekas untuk membeli mobil melalui platform aplikasi lelang online dengan akses ke inventaris mobil bekas dalam 24 jam sehari.

"Pasar otomotif Indonesia telah berkembang pesat selama beberapa dekade terakhir, yang telah mengarah pada terbentuknya pasar mobil bekas yang berkembang. Melalui BeliMobilGue.co.id, pelanggan dapat menerima harga yang lebih tinggi pada mobil bekas mereka daripada metode tradisional. Kami membuat proses penjualan mobil bekas lebih aman dan nyaman bagi masyarakat Indonesia, ”kata Rolf Monteiro.[3]

Sejak meluncurkan platformnya pada April 2017, BeliMobilGue.co.id telah membuka lebih dari 35 lokasi inspeksi di Jabodetabek, dan saat ini terus memperluas jangkauan ke daerah lain di Indonesia. Perusahaan saat ini mempekerjakan sekitar 300 karyawan.

Investasi dan Pendanaan

Pada Januari 2018, BeliMobilGue memperoleh pendanaan Pra Seri A sebesar 3,7 juta dolar AS atau sekitar Rp49 miliar dari Intudo Ventures. Investor tambahan pendukung termasuk Amand Ventures, Tasman Fund dan Digital Garage.[4]

Menurut Patrick Yip, Founding Partner dari Intudo Ventures, pendanaan tersebut diperoleh BeliMobilGue atas keberhasilannya melakukan kolaborasi antara pengetahuan lokal dengan kemampuan internasional.

“Mereka mampu tumbuh dengan cepat di pasar Indonesia dengan memanfaatkan hal-hal yang telah berjalan di dalam dan luar negeri, mitra distribusi yang baik, dan tim yang terbaik di kelasnya,” ujar Patrick Yip.

Pendanaan yang didapatkan tersebut akan digunakan untuk pengembangan jaringan lokasi inspeksi, peningkatan pemasaran, dan rekrutmen karyawan baru. Selain itu, BeliMobilGue.co.id juga berencana memberikan fitur produk pembiayaan dengan menggandeng beberapa mitra strategis.

Pada Februari 2019, BeliMobilGue.co.id mengumumkan pihaknya memperoleh investasi Seri A senilai 10 juta dolar AS. Perusahaan menyatakan bakal memanfaatkan dana investasi untuk lebih memperluas jaringan ke kota-kota besar di Indonesia, meluncurkan bisnis baru, meningkatkan upaya penjualan dan pemasaran, serta mempekerjakan staf baru.

Investasi Seri A ini dipimpin oleh Frontier Car Group, yang pada dasarnya adalah induk perusahaan rintisan. Bergabung dengan perusahaan induk tersebut adalah beberapa investor yang sudah ada dan baru, salah satunya adalah PT Tunas Ridean Tbk milik Jardines.

“Memperoleh pendanaan Seri A ini adalah pencapaian besar bagi kami dan tidak akan mungkin terjadi tanpa upaya tanpa lelah dari rekan-rekan saya di Indonesia, yang berhasil mengembangkan bisnis kami hingga 10x secara tahunan di lingkungan yang sangat kompetitif ini. Saya percaya bahwa babak ini menunjukkan kepercayaan investor yang kuat terhadap bisnis kami di Indonesia. Hal utama terkait investasi baru adalah, babak ini akan semakin mempercepat pertumbuhan melalui keterlibatan pasar global dan kemitraan lokal yang strategis,” kata Rolf.[5]

Kerja Sama Strategis

Pada Agustus 2018, OLX Indonesia mengumumkan kerja sama dengan BeliMobilGue.co.id. Kerja sama tersebut menggabungkan keunggulan OLX untuk membawa calon pembeli yang potensial, dengan jasa inspeksi dan proses penjualan mobil yang aman dan cepat yang dimiliki BeliMobilGue.co.id, kepada individu yang ingin menjual mobilnya.

Olaf van Schagen, CEO OLX Indonesia, menyatakan pihaknya sebagai platform iklan baris terbesar di Indonesia dengan 300.000 transaksi setiap bulan, akan melakukan kerja sama yang saling menguntungkan dengan menggandeng BeliMobilGue.co.id.

“Kerja sama ini akan semakin memperkuat posisi kami sebagai pemimpin di kategori mobil, dengan memberikan nilai tambah bagi pengguna yang telah setia menggunakan layanan kami selama 13 tahun,” ujarnya.[6]

Kemitraan strategis lain dilakukan dengan PT Tunas Ridean Tbk. Dengan dukungan PT Tunas Ridean Tbk, BeliMobilGue.co.id diposisikan untuk menggenjot bisnisnya di Indonesia serta meningkatkan bisnis logistik dan penyimpanan mobil dengan terlibat secara dekat dengan salah satu pemain otomotif paling mapan dan dominan di Indonesia.

Referensi

  1. ^ "Siapakah kami? | Belimobilgue.co.id". www.belimobilgue.co.id. Diakses tanggal 2019-06-17. 
  2. ^ "BeliMobilGue.co.id Dapat Suntikan Dana Rp140 Miliar". pasardana.id. Diakses tanggal 2019-06-17. 
  3. ^ "Indonesia's BeliMobilGue raises $3.7M to let consumers sell their cars quickly and easily". TechCrunch (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-06-17. 
  4. ^ "BeliMobilGue Raih Pendanaan Rp49 Miliar dari Intudo Ventures". SWA.co.id (dalam bahasa Inggris). 2018-01-24. Diakses tanggal 2019-06-17. 
  5. ^ "BeliMobilGue.co.id Dapatkan Pendanaan US$10 Juta | Otomotif". Bisnis.com. Diakses tanggal 2019-06-17. 
  6. ^ Mediatama, Grahanusa (2018-08-16). "OLX gandeng startup BeliMobilGue.co.id jaring pelanggan". kontan.co.id. Diakses tanggal 2019-06-17. 

Pranala luar