Difference between revisions of "Solusi Akhir"

Jump to navigation Jump to search
m
Bot: Perubahan kosmetika
m (menghapus Kategori:Holocaust; menambahkan Kategori:Holokaus menggunakan HotCat)
m (Bot: Perubahan kosmetika)
Pembunuhan massal terhadap lebih dari 1 juta kaum Yahudi sebenarnya telah terjadi jauh sebelum '''Endlösung''' dilaksanakan sepenuhnya pada tahun [[1942]] tetapi pelaksanaan '''Endlösung''' merupakan suatu kebijakan untuk memusnahkan seluruh kaum Yahudi dengan membangun [[kamp konsentrasi]] untuk dijadikan "kamp kematian" dan menciptakan suatu "[[industri]] pembantaian massal" terhadap kaum Yahudi secara sungguh-sungguh.
 
Keputusan untuk melakukan pembunuhan secara sistematis terhadap kaum Yahudi Eropa telah diputuskan pada [[Konferensi Wannsee]] di [[Berlin]] yang dilaksanakan pada tanggal [[20 Januari]] [[1942]]. Selama berlangsungnya konferensi tersebut, dilakukan diskusi oleh sekelompok perwira Nazi Jerman untuk memutuskan "Solusi akhir atas persoalan Yahudi" (''"Endlösung der Judenfrage"''). Catatan rapat dan berita acara rapat ini ditemukan oleh tentara [[sekutu]] pada akhir peperangan dan dijadikan alat bukti pada [[Peradilan Nuremberg]]. Pada musim semi 1942, [[Operasi Reinhard]] memulai pelaksanaan pembunuhan sistematis terhadap kaum Yahudi ini walaupun ratusan ribu dari kaum Yahudi ini telah dibunuh oleh para pasukan pembunuh dan penyerbuan massal.
Pada pidatonya tanggal 6 Oktober 1943 di [[Konferensi Posen]], [[Heinrich Himmler]] untuk pertama kalinya menjelaskan secara resmi kepada seluruh pimpinan kerajaan Jerman (''Deutsches Reich'') secara terus terang dan dengan bahasa yang kejam tentang apa itu arti sesungguhnya dari "Endlösung".
 
 
Christian Gerlach memiliki argumen lain tentang waktu tersebut, ia menyatakan bahwa keputusan dibuat oleh Hitler pada tanggal [[12 Desember]] [[1941]] sewaktu melaksanakan pertemuan [[NSDAP|Partai Nazi]] (''Reichsleiter'')dan pemimpin wilayah [[Gauleiter]] <ref>[[:en:Gauleiter]]</ref>)
Pada catatan harian [[Joseph Goebbels]] yang dibuat sehari setelah pidato Hitler, ia menuliskan sebagai berikut: <blockquote>Atas pertanyaan Yahudi, Hitler telah memutuskan untuk membersihkan meja. Ia memperingatkan kaum Yahudi bahwa apabila mereka menyebabkan meletusnya perang dunia lagi maka itu akan membawa mereka kepada kehancurannya sendiri. Itu adalah bukan ucapan kosong. Sekarang perang dunia telah meletus lagi. Pemusnahan kaum Yahudi haruslah menjadi konsekwensinya. Dalam hal ini kita tidak boleh berlaku sentimental. Bukan kita yang harus menaruh simpati terhadap kaum Yahudi. Kita harus menaruh simpati terhadap rakyat kita sendiri yaitu rakyat Jerman. Apabila rakyat Jerman harus mengorbankan 160.000 korban pada serangan di timur, maka yang bertanggung jawab atas konflik berdarah ini harus membayarnya dengan nyawa mereka.[http://www.holocaust-history.org/hitler-final-solution/]</blockquote>
 
Setelah keputusan ini maka rencana untuk melaksanakan '''Endlösung''' mulai dibuat. Contohnya, pada tanggal [[16 Desember]], saat dilangsungkannya pertemuan para pejabat dari pemerintahan Jerman, [[Hans Frank]] merujuk pada pidato Hitler sewaktu ia menjelaskan mengenai rencana pembasmian kaum Yahudi.
* Browning, Christopher R. The Origins of the Final Solution, William Heinemann, London, 2004.
* Gerald Fleming, Hitler and the Final Solution, University of California Press, Berkeley, 1984.
* Christian Gerlach. The Wannsee Conference, the Fate of German Jews, and Hitler's decision in principle to exterminate all European Jews, The Journal of Modern History. Chicago: Dec 1998.Vol.70, Iss. 4; pg. 759, 54 pgs
* Longerich, Peter. The Unwritten Order – Hitler's Role in The Final Solution, Tempus Publishing Limited, Stroud, 2003.
* Baumslag, Naomi. Murderous Medicine – Nazi Doctors, Human Experimentation, and Typhus, Praeger Publishers, (an imprint of Greenwood Publishing Group, Inc.), 2005. ISBN 0-275-98312-9

Navigation menu