Wikipedia:Pengawas: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
REX (bicara | kontrib)
k →‎Daftar pengawas: +1 - Borgx
Purodha (bicara | kontrib)
Baris 42: Baris 42:


[[en:Wikipedia:Oversight]]
[[en:Wikipedia:Oversight]]
[[ja:Wikipedia:Oversight]]
[[nl:Wikipedia:Oversight]]
[[nl:Wikipedia:Oversight]]
[[pt:Wikipedia:Oversight]]
[[pt:Wikipedia:Oversight]]
[[ru:Википедия:Ревизоры]]
[[ru:Википедия:Ревизоры]]
[[sv:Wikipedia:Oversight]]

Revisi per 24 Januari 2008 10.51

Kepengurusan (daftar otomatis)
Birokrat
Pemeriksa
Pengawas
Pengurus antarmuka
Penatalayan
Pemilihan pengurus
KebijakanSistem pemilihan
Pemungutan suara (arsip)
Permohonan status (arsip)
Permohonan pencabutan status (arsip)
Tanggung jawab
Pengurus bukanlah
Pedoman peralatan pengurus
Nasihat bagi pengurus baru
Permintaan perhatian pengurus

Pengawas atau dalam istilah aslinya dalam bahasa Inggris Oversight adalah akses khusus pada proyek-proyek Wikimedia, yang dapat menghapus secara semi permanen suatu suntingan tertentu dari versi terdahulu artikel.

Suatu versi artikel yang dihapus melalui fungsi pengawas tidak bisa dilihat oleh siapapun termasuk pengurus berstatus opsis (sysop) atau birokrat.

Kebijakan

Fungsi ini hanya dapat dipergunakan untuk tiga kondisi berikut ini:

  1. Penghapusan suntingan yang berisi informasi pribadi seperti nomor telepon, alamat surat elektronik, alamat rumah, tempat kerja, atau identitas pribadi dari seorang pengguna, khususnya yang tidak menginginkan identitas mereka dipublikasikan.
  2. Penghapusan informasi yang berpotensi memfitnah atau mencemarkan nama baik
  3. Penghapusan informasi yang melanggar hak cipta.

Informasi yang dihapuskan tetap dapat dilihat oleh pengguna yang memiliki akses pengawas melalui log, dan dapat dikembalikan oleh seorang pengembang bila terjadi kesalahan.

Fungsi penghapusan melalui fungsi pengawas tidak digunakan untuk vandalisme biasa — bahkan untuk vandalisme yang sangat buruk dan ofensif; kecuali untuk kondisi-kondisi di atas. Fungsi pengawas hanyalah diperuntukkan bagi hal-hal yang bahkan tidak diperuntukkan bagi para pengurus.

Log pengawas

Contoh tampilan log Istimewa:Oversight
Contoh tampilan log Istimewa:Oversight

Log penghapusan versi terdahulu dicatat secara tersendiri, dan hanya dapat dilihat oleh pengguna dengan akses pengawas di Istimewa:Oversight dengan keterangannya.

Daftar log mengenai siapa yang melakukan penghapusan, waktunya, dari artikel mana, dan ringkasan komentar yang diberikan. Tersedia juga sebuah pranala beda yang berguna untuk membandingkan dengan revisi sebelumnya dengan yang dihapuskan ini.

Penggunaan

Contoh tampilan antar muka MediaWiki:Hiderevision-tab.
Contoh tampilan antar muka MediaWiki:Hiderevision-tab.

Pengguna dengan akses pengawas akan mendapatkan sebuah tab baru "MediaWiki:Hiderevision-tab" ketika melihat versi terdahulu, perbedaan antar revisi, atau revisi yang dihapuskan. Klik pada tab ini dan isikan ringkasan penghapusannya untuk menghapuskan revisi tersebut.

Suntingan yang terkini tidaklah dapat dihapuskan; karenanya lakukan pengembalian suntingan terlebih dahulu. Jika sebuah halaman hanya memiliki satu revisi, ganti dulu dengan halaman kosong sebagai revisi kedua, MediaWiki:Oversight revisi yang pertama, baru hapus halaman tersebut. Tindakan ini akan menghindarkan bahkan para opsis dan birokrat untuk mengakses versi yang di MediaWiki:Oversight itu.

Para pengguna perlu mengetahu bahwa penghapusan suatu versi suntingan oleh pengawas dapat menyebabkan informasi yang menyesatkan. Contohnya jika pengguna A menambahkan informasi pribadi yang harus dihilangkan, kemudian B melakukan vandalisme, lalu C menghapuskan informasi pribadi itu tanpa menghapuskan vandalismenya, lalu D menghapuskan vandalismenya; dan pengawas menghapuskan versi suntingan pengguna A dan B (minimum yang diperlukan untuk menyembunyikan informasi non publik), maka akan timbul seolah-olah C yang telah melakukan vandalisme. Dalam kasus ini, kebingungan tersebut harus dihindarkan dengan sekaligus menghapuskan juga versi C dan D-nya. Masalah lebih lanjut muncul ketika isi yang baik ditambahkan, sampai-sampai tidak ada solusi yang sederhana. Sistem ini mungkin akan dikembangkan kembali untuk menggantikan versi yang dihapuskan pengawas dengan penanda yang eksplisit.

Jika Anda berpendapat bahwa sebuah revisi halaman memenuhi persyaratan untuk dihapuskan di bawah proses ini, silakan kirimkan surat elektronik berisi permintaan kepada salah satu pengguna pengawas.

Daftar pengawas

daftar otomatis pengguna Oversight

Lihat pula