JScript: Perbedaan revisi

Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
29 bita dihapus ,  4 tahun yang lalu
k
Clean up, replaced: komplit → komplet, removed stub tag using AWB
k (Bot: Migrasi 17 pranala interwiki, karena telah disediakan oleh Wikidata pada item d:Q553514)
k (Clean up, replaced: komplit → komplet, removed stub tag using AWB)
'''''JScript''''' adalah implementasi yang dilakukan oleh [[Microsoft Corporation|Microsoft]] terhadap spesifikasi [[bahasa pemrograman]] [[bahasa skrip|skrip]] [[ECMAScript]]. Bahasa ini didukung oleh [[Internet Explorer|Microsoft Internet Explorer]], [[Internet Information Services|Microsoft Internet Information Services]] (IIS) dan [[Windows Scripting Host|Microsoft Windows Scripting Host]] (WSH). Bahasa ini sangatlah mirip dengan bahasa [[JavaScript]] (implementasi Netscape/Mozilla terhadap spesifikasi [[European Computer Manufacturer Association]]/ECMA), dan [[ECMAScript]]. Pada kenyataannya, nama JavaScript kadang-kadang digunakan untuk merujuk kepada ECMAScript atau bahkan JScript.
 
JScript diimplementasikan sebagai sebuah engine di dalam Windows Script. Hal ini berarti bahwa JScript dapat digunakan oleh semua aplikasi apapun yang mendukung Windows Script, seperti Internet Explorer, [[Active Server Pages]] (ASP), dan Windows Scripting Host. Ini juga berarti bahwa setiap aplikasi yang mendukung Windows Script dapat mendukung beberapa bahasa secara sekaligus, [[JScript]], [[VBScript]], [[Perl]], dan lain-lain. JScript pertama kali didukung di dalam Internet Explorer versi 3.0 yang dirilis pada bulan [[Agustus]] [[1996]]. Seperti halnya mesin Active Scripting lainnya, JScript dapat diperoleh dari Internet Explorer, Windows Scripting Host, dan [[Active Server Pages]]. Ekstensi [[berkas komputer|berkas]] [[kode sumber]] JScript adalah <code>*.js</code>.
 
Versi terbaru dari JScript adalah [[JScript .NET]], yang dibuat berdasarkan edisi keempat dari standar ECMAScript, dan dapat dikompilasi dengan menggunakan platform [[Microsoft .NET Framework]]. JScript .NET menambahkan beberapa fitur baru terhadap ECMAScript edisi ketiga, seperti halnya anotasi tipe statis opsional.
JScript .NET merupakan implementasi JScript dalam Microsoft .NET Framework. Bahasa ini mendukung ''[[Common Language Specification]]'' (CLS) dan secara otomatis membawa semua keunggulan yang ditawarkan oleh CLS, tetapi tidak memiliki beberapa fitur yang dimiliki oleh bahasa JScript yang asli, sehingga membuatnya kurang cocok digunakan untuk beberapa skenario skripting.
 
JScript .NET dapat digunakan untuk halaman-halaman ASP.NET dan aplikasi .NET yang komplitkomplet, tetapi kekurangan dukungan pada Microsoft Visual Studio hanya menjadikannya sebagai jalur ''upgrade'' untuk ASP dengan menggunakan JScript klasik ketimbang bahasa yang baru.
<center>
{| class="wikitable"
* [http://blogs.msdn.com/jscript Blog mengenai JScript]
* [http://www.ecma-international.org/publications/files/ecma-st/ECMA-262.pdf Spesifikasi ECMA-262]
{{bahasa-komputer-stub}}
 
[[Kategori:Keluarga bahasa pemrograman JavaScript]]

Menu navigasi