Istana Raja Ali Marhum

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Istana Raja Ali Marhum adalah sebuah istana yang terletak di bagian tengah Pulau Penyengat, Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Indonesia.[1] Istana ini dibangun sebagai kediaman dan kantor kerja dari Yang Dipertuan Muda Kesultanan Lingga ke-8, Raja Ali Marhum (1844-1857 Masehi). Pembangunan istana ini mulai dibangun pada tahun 1844 Masehi. Ukuran Istana Raja Ali Marhum adalah sekitar 110 m2. Luas seluruh bagiannya adalah 1 hektare dengan tembok sebagai pembatas keliling.[2] Bangunan istana selesai dibangun pada tahun 1855. Di bagian barat daya berdekatan dengan Masjid Pulau Penyengat sejauh 150 meter. Istana ini mempunyai tiga pintu masuk. Masing-masing berada di bagian timur laut, barat daya, dan tenggara. Sebagian besar bagian bangunan asli istana ini sudah hancur. Bagian asli yang tersisa hanyalah bangunan pertama setelah pintu gerbang masuk sebelah depan dan bangunan pintu gerbang sebelah tenggara. Istana Raja Ali Marhum merupakan bangunan bertingkat dua. Di lantai pertama terdapat sumur yang berada di sisi kiri bangunan. Sedangkan di sisi kanan bangunan terdapat kakus. Lantai dua istana merupakan hasil pemugaran. Atap istana berbentuk limasan. Pintu masuk di bagian timur laut berada pada tembok keliling istana. Bentuknya seperti gapura dengan dua lantai yang berfungsi sebagai pos penjagaan dan pengintaian. Di dalam Istana Raja Ali Marhum terdapat kolam pemandian yang dimasuki melalui pintu gerbang bagian tenggara. Sedangkan pintu gerbang barat daya berupa pintu gerbang biasa. Sisa-sisa struktur bangunan yang asli berada pada areal istana bagian dalam di sisi barat laut. Anak tangga menuju ke lantai dua berada di bagian selatan dengan jumlah anak tangga ada empat buah.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Istana Raja Ali Marhum Kantor - Sistem Registrasi Nasional Cagar Budaya". cagarbudaya.kemdikbud.go.id. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-07-12. Diakses tanggal 12 Juli 2021. 
  2. ^ Yulianto, Rahmadian (28 September 2014). "Mesjid Penyengat". jdih.tanjungpinangkota.go.id. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-07-12. Diakses tanggal 12 Juli 2021.