Iskandar Abdul Samad

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Infobox orangIskandar Abdul Samad

Biografi
Kelahiran28 Februari 1961 (63 tahun)
Selangor
Member of Selangor State Legislative Assembly
2008 – 2018
Daerah pemilihan: Chempaka
Kegiatan
Pekerjaanpolitikus
Partai politikPartai Islam Se-Malaysia

Dato' Iskandar bin Abdul Samad adalah politisi Malaysia bersuku Melayu dari Partai Islam Se-Malaysia (PAS) yang juga merupakan Anggota Dewan Undangan Negeri Cempaka, Selangor yang maju melalui PAS. Di tingkat partai, ia adalah Wakil Presiden PAS.[1] dan Komisaris PAS Selangor.[2] Di tingkat pemerintah negara bagian, ia adalah Ketua Komite Tetap Perumahan, Manajemen Bangunan dan Penghuni Liar Selangor.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Iskandar tinggal di Taman Kencana, Pandan Indah. Dia hanya memiliki mobil Proton Waja. Dia menikahi Salasiah Zakaria dan dikaruniai enam anak yaitu lima pria dan satu wanita.

Ayahnya Abdul Samad Ahmad adalah penyunting di Utusan Melayu. Teman-teman ayahnya seperti Haji Subky Latif, Abdul Shukor Harun, mantan penulis Harakah, dan Suhaimi Mokhtar mantan penyunting Harakah. Ibunya Maimunah Dasmi, seorang ibu rumah tangga.

Lagu favorit Iskandar adalah lagu M. Nasir dan lagu Kembara, terutama lirik S. Amin Shahab. Hobi memasak dan membantu istri di dapur.

Situs web yang sering ia kunjungi adalah BBC News, Tranungkite Online, dan Harakahdaily. Surat kabar itu membaca The Star dan Sinar Harian. Olahraga favoritnya adalah bowling dan bermain bersama teman di Pandan Lake Club. Ibunya berasal dari Taman Keramat, Kuala Lumpur.[butuh rujukan]

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Iskandar belajar di Sekolah Sri Petaling, Petaling Jaya. Pada 1974, ia melanjutkan studi di Maktab Melayu Kuala Kangsar. Kemudian di Inggris dan memperoleh gelar insinyur arsitek dari Humberside.

Dato' Saifudin Abdullah Wakil Menteri Pengembangan Pengusaha dan Koperasi adalah teman satu angkatan sekolah Iskandar saat di Maktab Melayu Kuala Kangsar, Perak. Iskandar bergabung dengan PAS pada tahun 1991 sementara Saifudin bergabung dengan UMNO.

Karier[sunting | sunting sumber]

Setelah kembali dari Inggris, 1988 bekerja dengan firma arsitektur. Selama setahun di Inggris. dia adalah seorang dosen di UiTM untuk Fakultas Arsitektur, Perencanaan dan Survei. Dia berhenti sebagai dosen dan kembali menjadi arsitek.

Keterlibatan dalam politik[sunting | sunting sumber]

Iskandar pernah menjadi Sekretaris Cabang AU2 PAS di Taman Seri Keramat. Mantan pemimpin utama DAP Tan Sri Lee Lam Thye yang meninjau masalah setinggan menjadi contoh dari perjuangannya.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-09-17. Diakses tanggal 2019-07-03. 
  2. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-09-17. Diakses tanggal 2019-07-03.