Isembard dari Autun

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Isembard (juga dieja Isembart atau Isembert) merupakan seorang bangsawan Burgundi dan comte Autun. Menurut Annales Fontanellenses, ayahandanya adalah Warin dari Provence.[1]

Pada tahun 850, Isembard dan Comte Aleran dari Barcelona yang dikirim oleh Raja Karl yang Botak untuk menaklukkan pemberontakan Markgraf Guilhèm dari Septimania. Mereka berdua ditangkap melalui tipu muslihat.[2] Pada tanggal 21 Maret 858, di sinode Quierzy, Isembard adalah salah satu tokoh awam yang bersumpah setia kepada Raja Karl.[3] Dengan demikian, ia mungkin adalah salah satu "orang terkemuka Bourgogne" yang dicatat oleh Annales Bertiniani ketika bergabung dengan Karl di Brienne dan Chalon pada bulan November, ketika dia dan Ludwig si Jerman hampir datang ke pertempuran.

Pada tanggal 20 Juni 859, Isembard (atau mungkin putranya), digambarkan sebagai fidelis (pengikut setia) dalam piagam tersebut, menerima sebuah villa di Narbonnais dari raja, yang akan dipegang selamanya (di proprium aeternaliter) sebagai allod.[4][5] Pada tahun 864, Isembard (atau mungkin putranya lagi) adalah seorang Missus dominicus dan vicomte Narbonne. Penunjukan fidelis kerajaan ke kantor vicomte menunjukkan bahwa pada tahap ini dalam pemerintahan Karl, raja masih memiliki pengaruh yang didambakan di tingkat lokal bahkan di ujung selatan wilayahnya.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Janet L. Nelson, Charles the Bald (London: Longman, 1992), 161 n. 4.
  2. ^ Janet L. Nelson, The Annals of St-Bertin (Manchester University Press, 1991), 69 n. 1.
  3. ^ Nelson, Charles the Bald, 186.
  4. ^ Nelson, Annals of St-Bertin, 88 n. 15.
  5. ^ Archibald R. Lewis, The Development of Southern French and Catalan Society, 718–1050 (University of Texas Press, 1965), 115, 119, 162. This royal grant was made at the instigation of Humfrid, the margrave of Gothia.