Irvin Museng

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Irvin
Informasi pribadi
Nama lengkap Irvin Museng
Tanggal lahir 16 Juli 1994 (umur 22)
Tempat lahir Makasar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Tinggi 1.72 m (5 ft 8 in)
Posisi bermain Striker
Informasi klub
Klub saat ini Persiba Balikpapan
Nomor 12
Karier junior
Putra Kamang FC
2006-2007 Ajax Youth Academy
Karier senior*
Tahun Tim Tampil (Gol)
2013 Persiba Balikpapan
Tim nasional
Indonesia U-12 (10)
* Penampilan dan gol di klub senior hanya dihitung dari liga domestik.

Irvin Museng (lahir di Makassar, 16 Juli 1992; umur 24 tahun) adalah seorang pemain sepak bola Indonesia. Ia berposisi sebagai penyerang. Dia pernah menjadi top skorer Danone Cup di Prancis tahun 2005. Sehingga dia diterima di tim yunior Ajax Amsterdam. Kemudian balik ke PSM Makassar. Terakhir dia bermain untuk Persiba Balikpapan di Indonesia Super League.

Karier[sunting | sunting sumber]

Junior

Senior

Pulang ke Indonesia Irvin pun mencoba peruntungannya untuk bermain di klub tanah kelahirannya yakni PSM Makasar. Sayangnya, meski sempat berlatih bersama PSM yang saat itu diarsiteki oleh pelatih asal Malaysia Raja Isa, tetapi karena terkendala faktor administrasi yang belum lengkap ia pun gagal masuk tim PSM Makasar. Irvin pun tak menyerah, demi menggapai karik profesionalnya iya pun bergabung dengan klub Pro Duta (Medan Chief IPL). Lewat tim inilah akhirnya Irvin mulai mendapat kesempatan bermain di level kompetisi profesional. Meski telah menjadi pemain profesional karir Irvin seperti stuck ditengah jalan, meski dianggap memiliki potensi untuk meningkat, nyatanya selama tiga tahun bermain bagi Pro Duta ( dan juga ikut mengalami gonta-ganti nama klubnya) ia justru lebih akrab dengan cedera.

Setelah menjalani 3 musim di Pro Duta akhirnya pada putaran Indonesia Super League musim 2013 Irvin mencoba peruntungan baru sekaligus naik level dengan memperkuat tim Persiba Balikpapan di ISL setelah sebelumnya hanya bermain di tim Divisi Utama bersama Pro Duta.Setelah lolos seleksi yang cukup ketat Irvin pun resmi masuk dalam daftar pemain Persib Balikpapan musim kompetisi 2013.

Pensiun

Meski telah memperkuat tim Persiba Balikpapan Irvin pun masih sulit untuk mendapat tempat di tim utama, terlebih faktor cedera kembali mengubur namanya diantara barisan penyerang Persiba Balikpapan.

Untung tak dapat diraih malang tak dapat ditolak, akhirnya pada awal putaran kedua ISL musim 2013 iya dipecat dari tim Persiba Balikpapan karena dinilai tidak dapat berkontribusi lebih untuk tim yang berjuluk beruang madu tersebut. Di Persiba sendiri Irvin hanya tampil sekali saat berseragam Persiba Balikpapan.

Pada Desember tahun 2013 lalu iya mencoba mencari klub baru untuk melanjutkan karir sepakbolanya, ia kembali mencoba peruntungannya di Makasar dengan ikut seleksi di PSM Makasar, sayangnya iya gagal lolos dalam seleksi tersebut.

Akhirnya pada 30 September 2014 atau 3 bulan sebelum Persib Juara ISL musim 2014 melalui akun twitter pribadinya yang @IrvinMuseng10 ia menyatakan pensiun dari dunia sepakbola di usia yang masih amat dini yakni 21 tahun.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]


  1. ^ http://idn-soccer.blogspot.co.id/2015/05/irvin-museng-layu-sebelum-berkembang.html