Iqbal Linus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Muhammad Iqbal Linus
LahirMuhammad Iqbal Linus
19 Desember 1994 (umur 29)
Indonesia Jambi, Indonesia
Tempat tinggalProvinsi Jambi, Indonesia
KebangsaanIndonesia
Nama lainIqbal Linus
PendidikanVancouver Film Shcool
University of British Columbia Canada
PekerjaanPengusaha
Politikus
Dikenal atasKetua DPD KNPI Provinsi Jambi
Suami/istriRia Juliana
Orang tuaMuh Yunus Abd Ibrahim (ayah)
Marlina Marzuki (ibu)
KerabatMasnah Busro (kakak)
Situs webIqbal Linus

Muhammad Iqbal Linus atau akrab disapa Iqbal Linus (lahir 19 Desember 1994) adalah Ketua DPD (Dewan Perwakilan Daerah) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Jambi.[1] Ia juga pemilik PT. Lintang Nusa Energi Investama yang bergerak di bidang investasi dari luar ataupun dalam negeri di bidang pertambangan dan mineral.[2]

Keluarga & Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Iqbal Linus yang merupakan putera asli Provisi Jambi ini menamatkan pendidikannya Sekolah Menengah Atas di SMA Negeri 4 Jambi. Kemudian ia menimba ilmu di Columbia College dan Vancouver Film School di British Columbia, Kanada, dan tercatat sebagai alumni Universitas British Columbia, British Columbia.[3]

Karier[sunting | sunting sumber]

Iqbal Linus memulai pekerjaan pertamanya sebagai Chief Marketing Officer di PT. Linus Coal Energy. Ia juga memiliki segudang pengalaman kerja lainnya, seperti di Organising Committee for the Rio 2016 Olympic and Paralympic Games di bagian Broadcast Division, dan Indonesia Asian Para Games 2018 Organizing Committee (INAPGOC) dari tahun 2017-2019.[4] Selain itu ia juga memegang peranan penting di DNR International, Bara Jambi Utama, Linus Transport Energy, Nuansa Kreatif, dan beberapa perusahaan lainnya yang bergerak di berbagai bidang dari mineral batubara hingga periklanan dan media.

Pada tahun 2021, ia pun memulai ekspansi bisnisnya sendiri. Ia merupakan Chief Executive Officer sekaligus pemilik PT. Lintang Nusa Energi Investama. Perusahaan yang didirikannya ini bergerak di bidang investasi dari luar ataupun dalam negeri di bidang pertambangan dan mineral.[5]

Organisasi[sunting | sunting sumber]

Pada Tahun 2017, ia mulai bergabung dengan Partai Amanat Nasional (PAN).[6] Dan kini menjabat sebagai Wakil Bendahara DPW PAN Provinsi Jambi.

Dalam ranah organisasi, Iqbal dipercaya menjadi Ketua Bidang Hipmi Provinsi Jambi, Bendahara Sapma Pemuda Pancasila Provinsi Jambi, Bendahara Ikatan Pemuda Sulawesi Selatan Provinsi Jambi, Pengurus Kadin Provinsi Jambi, Badan Musyawarah Keluarga Jambi Jakarta, dan Pengurus Pemuda Muhammadiyah Provinsi Jambi. Ia mengemban tugas sebagai Bendahara Persatuan Basket Indonesia Provinsi Jambi, Bendahara Persatuan Olahraga Billiard Provinsi Jambi, dan Wakil Bendahara Kerukunan keluarga Sulawesi Selatan Provinsi Jambi.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Liputan6.com (2021-04-16). "Iqbal Linus, Ketua DPD KNPI Jambi yang Ingin Membangun Kampung Halaman". liputan6.com. Diakses tanggal 2023-02-01. 
  2. ^ Ernanto, Budi (25 Januari 2023). "Iqbal Linus, Pengusaha Muda dengan Loyalitas Tinggi di Organisasi". mediaindonesia.com. Diakses tanggal 25 Januari 2023. 
  3. ^ Liputan6.com (2021-04-16). "Iqbal Linus, Ketua DPD KNPI Jambi yang Ingin Membangun Kampung Halaman". liputan6.com. Diakses tanggal 2023-02-07. 
  4. ^ Rhamadanty, Sabrina (21 Januari 2023). "Iqbal Linus, Pengusaha Muda yang Punya Loyalitas Tinggi dalam Berorganisasi". wartaekonomi.co.id. 
  5. ^ a b Sidakaton, Safari (2023-01-23). "Iqbal Linus, Pengusaha Muda yang Punya Loyalitas Tinggi dalam Berorganisasi - Harian Terbit". Iqbal Linus, Pengusaha Muda yang Punya Loyalitas Tinggi dalam Berorganisasi - Harian Terbit. Diakses tanggal 2023-02-01. 
  6. ^ Hasanuddin, Dodi (22 Januari 2023). "Cerita Iqbal Linus, Pengusaha Muda asal Jambi yang Punya Loyalitas Tinggi dalam Berorganisasi". wartakota.tribunnews.com. Diakses tanggal 22 Januari 2023.