Invasi Sakhalin Selatan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Invasi Sakhalin Selatan, juga disebut Pertempuran Sakhalin ( bahasa Rusia : Южно-Сахалинская операция, Jepang : 樺 太 の 戦 い), adalah invasi Soviet ke wilayah teritorial Jepang di Pulau Sakhalin yang dikenal sebagai Prefektur Karafuto . Invasi adalah bagian dari Perang Soviet-Jepang .[1]

Latar Belakang[sunting | sunting sumber]

Dalam Perjanjian Portsmouth pada tahun 1905, kontrol pulau terbagi menjadi dua, dengan Kekaisaran Rusia mengendalikan bagian utara dan Jepang mengendalikan bagian selatan garis lintang 50o LU . Di Jepang wilayah itu dikenal sebagai Prefektur Karafuto dan Distrik Utara.

Selama Konferensi Yalta 1945, pemimpin Soviet Joseph Stalin berjanji untuk memasuki peperang melawan Kekaisaran Jepang "dalam dua atau tiga bulan setelah Jerman menyerah dan perang di Eropa berakhir ." Tindakan itu akan menciptakan front strategis lain melawan Jepang, yang dianggap perlu untuk segera mengakhiri perang. Sebagai hasil dari partisipasi mereka, Soviet akan diberi kompensasi Sakhalin Selatan dan Kepulauan Kuril, di antara konsesi lainnya. Amerika Serikat akan membantu Tentara Merah di Proyek Hula, dalam persiapan untuk invasi.

Pada 9 Agustus, Uni Soviet membatalkan Pakta Netralitas Soviet-Jepang dan meluncurkan invasi skala penuh ke Manchuria, yang kemudian memulai Perang Soviet-Jepang . Invasi dimulai tiga hari setelah pemboman atom AS di Hiroshima, dan termasuk rencana untuk menyerang Sakhalin Selatan. Tujuan utama invasi adalah untuk membersihkan perlawanan Jepang dan kemudian - dalam waktu 10 hingga 14 hari - bersiap untuk menyerang Hokkaido, pulau paling utara di Jepang.

Rantai Komando[sunting | sunting sumber]

Uni Soviet[sunting | sunting sumber]

Kekaisaran Jepang[sunting | sunting sumber]

Garis Karafuto[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 11 Agustus, Tentara Soviet Ke-16 memulai invasi darat dari Sakhalin Utara dari bagian selatan Pulau Sakhalin yang dikontrol oleh Jepang. Kemajuan Soviet terhenti oleh pertahanan Jepang yang kuat di garis pertahanan Benteng Karafuto . Tentara Ke-16 Soviet yang terdiri dari sekitar 20.000 orang dan didukung oleh 100 tank mengalahkan jumlah pasukan bertahan Jepang dengan perbandingan 3 : 1. Kemajuan Soviet melambat dan akhirnya tertahan di Garis Karafuto selama 4 hari.

Pada tanggal 15 Agustus, markas besar Kekaisaran Jepang mengeluarkan perintah untuk menghentikan semua operasi tempur ofensif dan terlibat dalam dialog gencatan senjata; Namun, Tentara Area Ke-5 mengeluarkan perintah sebaliknya kepada Divisi Ke-88 untuk mempertahankan Sakhalin Selatan hingga prajurit terakhir. Pada hari yang sama 3.000 tentara Jepang menyerah di Garis Karafuto. Korban militer Jepang adalah 568 tewas.

Invasi dan Blokade Laut Soviet[sunting | sunting sumber]

Untuk mempercepat invasi pulau Sakhalin dan mengurangi tekanan pada invasi darat, Angkatan Laut Soviet melancarkan operasi serangan amfibi terhadap pelabuhan-pelabuhan utama Jepang. Blokade laut pulau Sakhalin diberlakukan untuk mencegah evakuasi pasukan Jepang. Meskipun tujuan utamanya adalah kapal militer, konvoi sipil kemudian juga diketahui menjadi sasaran oleh kapal selam Soviet di Teluk Aniva.

Pada 16 Agustus, penjaga pantai Soviet mengirim kapal Zarnitsa, empat kapal penyapu ranjau, dua kapal angkut, enam kapal perang dan sembilan belas kapal torpedo untuk berlabuh di Pelabuhan Toro. Sekitar 1.400 pasukan Soviet dari Batalyon Marinir Ke-365 dan satu batalion dari Brigade Senapan Ke-113 mendarat di Toro (sekarang Shakhtyorsk ) dan menggunakan garnisun Jepang yang terdiri atas 200 orang. Toro dikuasai dan pada hari berikutnya mereka menguasai empat daerah berpenduduk dan kota pelabuhan Esutoru (sekarang Uglegorsk), Anbetsu (sekarang Vozvrashcheniye) dan Yerinai . Korban tewas Jepang adalah 100 orang, 150 luka-luka dan 30 ditawan. Korban Soviet 12 orang tewas.

Pada tanggal 20 Agustus, 3.400 tentara Angkatan Laut Soviet menggabungkan batalyon marinir dan Brigade Senapan Ke-113 mendarat di Pelabuhan Maoka (sekarang Kholmsk). Pendaratan itu disambut dengan tembakan pertahanan Jepang yang sengit. Beberapa kapal angkatan laut rusak yang ditanggapi Soviet dengan tembakan meriam kapal ke kota secara intens, yang menyebabkan sekitar 600 hingga 1.000 korban tewas dari pihak sipil. Maoka dikuasai pada 22 Agustus, yang masih dipertahankan oleh pasukan Jepang dengan gigih di seluruh penjuru kota. Korban militer Jepang dalam pertempuran ini adalah 300 orang terbunuh dan 600 lainnya ditawan. Korban Soviet adalah 60 tentara tentara tewas dan 17 infanteri angkatan laut tewas.[3]

Pada 25 Agustus, 1.600 pasukan Soviet mendarat di Otomari (sekarang Korsakov). Garnisun Jepang yang terdiri atas 3.400 prajurit menyerah. Pada hari yang sama sisa-sisa Divisi Ke-88 Jepang menyerah kepada Tentara Ke-16 dan kota Toyohara jatuh tanpa perlawanan yang secara resmi mengakhiri Invasi Sakhalin.

Dampak[sunting | sunting sumber]

Korban Jepang sekitar 700 hingga 2.000 tentara tewas dan 3.500 hingga 3.700 warga sipil tewas. Sekitar 18.202 ditawan dan banyak tahanan perang Jepang di Sakhalin dikirim ke kamp kerja paksa di Siberia dan ditahan setelah perang. Setidaknya 100.000 warga sipil Jepang meninggalkan pulau tersebut selama invasi. Pendudukan Pulau Sakhalin memberikan prasyarat yang diperlukan untuk Invasi Kepulauan Kuril . Setelah Jepang menyerah, pulau Sakhalin tetap di bawah kendali Uni Soviet, dan tetap menjadi wilayah Rusia hingga hari ini, menjadi bagian dari Oblast Sakhalin .

Lihat Juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]


  1. ^ "As World War II entered its final stages the belligerent powers committed one heinous act after another | History News Network". historynewsnetwork.org. Diakses tanggal 2020-05-10. 
  2. ^ Glantz, David M. (2003). Soviet operational and tactical combat in Manchuria, 1945 : August storm. Glantz, David M., Glantz, David M. London: Frank Cass. ISBN 0-203-49625-6. OCLC 252896489. 
  3. ^ "Battle of Shumshu island and Sakhalin". History Forum (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-05-10.